Melalui Program Ketahanan Pangan, Poktan dan Pokyan Batu Berapit Akan Dapat Bantuan

Dibaca: 179 x

Alat bajak tanah serbaguna yang nantinya akan disalurkan Pemdes Batu Berapit kepada Poktan

Penulis : Ilham Idhar / Editor : Slamet.

BATU BERAPIT, JEMAJA, AnambasPos.com,- Pemerintahan Desa (Pemdes) Batu Berapit Kecamatan Jemaja Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) melalui Program Ketahanan Pangan, mengadakan alat pembajak sawah serba guna yang nantinya akan disalurkan kepada Kelompok Tani (Poktan).

Pengadaan alat pembajak sawah tersebut menggunakan Dana Desa (DD) dari Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) tahun anggaran 2022.

Ketika AnambasPos.com melakukan kunjungan kerja di kantor desa yang terletak tepat di jalan Air Belimbing Desa Batu Berapit melihat secara langsung Sekretaris Desa (Sekdes) sedang menguji kelayakan mesin bajak yang baru saja dibeli.

Dirinya menuturkan, dengan adanya mesin bajak ini, semoga bisa membangun semangat para Poktan yang berada di Desa Batu Berapit.

Sekdes Batu Berapit, Rahmad Kurniawan saat mencoba alat bajak mini yang baru dibeli

“Dengan adanya mesin bajak ini, semoga bisa membangkitkan semangat Poktan kita dalam melakukan aktifitas sehari-hari”, kata Rachmad Kurniawan selaku Sekdes Batu Berapit, Senin (07/03/2022).

Masih kata Iwan, begitu panggilan sehari-harinya, bahwa pengadaan alat untuk para Poktan juga didasari dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 104 Tahun 2021 dimana pada pasal 5 (lima) Ayat 4 (empat) huruf b tertuang program ketahanan pangan dan hewani paling sedikit 20% dari DD.

“Pengadaan alat ini telah sesuai dengan amanah Presiden dalam Perpres Nomor 104 Tahun 2021yang tertuang dalam pasal 5 (lima) Ayat 4 (empat) huruf b bahwa, program ketahanan pangan dan hewani paling sedikit 20% dari dana desa kita”, kata Iwan.

Iwan juga menyampaikan, di tahun 2022, Pemdes Batu Berapit telah menganggarkan bantuan untuk Poktan dan Kelompok Nelayan (Pokyan) yang dibebankan dalam APBDes tahun 2022 ini.

“Dengan adanya Perpres tersebut kami dari Pemdes Batu Berapit telah menganggarkan untuk bantuan kelompok tani dan nelayan kita”, ujarnya.

BACA JUGA  Prihatin, Warga Galang Aksi Rp. 1.000 untuk Perbaikan Jalan SP


Terhubung dengan kami

     


Pasang Iklan Banner klik DISINI