Laporan dan Editor:  Asril Masbah

TAREMPA, AnambasPos.com Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kepulauan Anambas melalui Badan Penelitian, Pengembangan dan Perencanaan Daerah (Balitbangpeda) Kabupaten Kepulauan Anambas, berhasil menghadirkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Dr. Sandiaga Salahuddin Uno, BBA, MBA, sebagai key note speaker dalam acara Webinar Pembangunan Kepariwisataan Kabupaten Kepulauan Anambas, Kamis (29/07/2021).

Suasana saat berlangsungnya Webinar Pembangunan Kepariwisataan Kepulauan Anambas

Kepala Balitbangpeda Kabupaten Kepulauan Anambas, Adies Saputra, S. IP, M. Si yang memandu jalannya webinar ketika itu, dalam pengantarnya menyampaikan bahwa, kegiatan itu sebagai bagian dari upaya untuk mencapai visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris – Wan Zuhendra. Yakni, memajukan sektor pariwisata yang kemudian diharapkan dapat menjadi penopang perekonomian masyarakat Kepulauan Anambas.

“Kepulauan Anambas merupakan daerah otonom maritim yang memiliki keindahan dan kekayaan sumber daya alamnya. Memiliki 255 pulau dengan laut, pantai dan bukit yang sangat ecxsotis sebagai sektor pariwisata. Bagaikan mutu manikam di Utara Indonesia. Namun hingga saat ini belum dapat menjadi penggerak utama perekonomian di Kepulauan Anambas. Karena itulah saat ini, Pemda Anambas ingin fokus untuk memajukan sektor pariwisata,” sebut Adies.

Selain Sandiaga, Narasumber kompeten lain-nya juga hadir dalam webinar tersebut. Diantaranya, Mursaim Sarujin, S.H, CHE, CHA, EAM Bawah Island Reserve, Syamsul Bahrum, P.hD, Sekretaris Dewan Kawasan Provinsi Kepri, David Makes, Sustainable Managemen Group. Dihadiri juga oleh Perwakilan dari Ketua Lembaga Pengembangan Pulau Tioman, Malaysia. Diikuti lebih dari 400-an partisipan dari Anambas dan sejumlah daerah luar lainnya.

Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra dalam Sekapur Sirihnya, di awal webinar ketika itu menyebutkan bahwa, sektor pariwisata menjadi harapan Pemda Kepulauan Anambas untuk jangka panjang sebagai penggerak ekonomi masyarakat di Kepulauan Anambas ke depannya. Tidak semata bergantung pada sektor migas.

BACA JUGA  Kayaking: Adventurous Sport

“Memahami realita itu, dimana kita berharap dengan potensi sumber daya alam yang dimiliki oleh Kepulauan Anambas ini, maka telah kita rumuskan beberapa kebijakan daerah ke dalam Peraturan Daerah (Perda), sebagai bentuk komitmen serius Pemda Kepulauan Anambas untuk memajukan sektor pariwisata di Kepulauan Anambas ke depan,”  ungkap Wan.

Diantaranya Wan menjelaskan, Perda Nomor 4 Tahun 2013 yang merumuskan bahwa Visi Pembangunan Jangka Panjang Kabupaten Kepulauan Anambas Tahun 2005 -2025 adalah, terwujudnya Kabupaten Kepulauan Anambas yang Berdaya Saing melalui pengembangan sektor Perikanan, Pariwisata dan Pertambangan.

Kemudian lanjut Wan, pada tahun 2019 dalam Master Plan Pembangunan di Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepariwisataan menjadi cetak biru pembangunan selama 10 tahun ke depan. Berikut diperkuat melalui Peraturan Bupati (Perbup) Kepulauan Anambas Nomor 38 Tahun 2018,  yang menetapkan sebanyak 23 kawasan Desa Wisata. di Kepulauan Anambas.

“Melalui webinar ini, kita berharap akan dapat menemukan startegi yang tepat, bagaimana memajukan sektor pariwisata di Kepulauan Anambas ke depan,” imbuhnya.

Wan menyampaikan juga ucapan terimakasih dan apresiasi atas kesedian Menteri Sandiaga yang telah hadir sebagai Narasumber pada kesempatan itu. “Terimakasih kepada Pak Menteri yang telah menjadi Narasumber. Mohon nanti dapat mengagendakan dalam kunjungan kerjanya ke Kepulauan Anambas,” pinta Wan.

Sementara itu, Menparekraf RI, Dr. Sandiaga Salahuddin Uno, BBA, MBA pada kesempatan itu menyampaikan materi webinar-nya dengan judul ‘Kebijakan Pengembangan Pariwisata Berbasis Bahari’. Pada kesempatan itu, diantaranya menitikberatkan bahwa bagaimana memaksimakan upaya promosi potensi pariwista Kepulauan Anambas dengan memperkuat tekhnologi digital.

“Promosi wisata berbasil digital harus diperkuat. Saya belum pernah ke Anambas, Prioritas untuk Anambas. Akan saya agendakan ke sana. Nanti saya akan turun ke sana dengan membawa Tim Jasa Telekomunikasi untuk memperkuat sarana telekomunikasi dan internet-nya,” kata Sandiaga.

BACA JUGA  Pimpin Upacara Hari Anti Korupsi Internasional, Sahtiar: LHKPN ASN Anambas Sudah 98, 66 Persen Dilaporkan dengan Baik ke KPK

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here