Olahraga   -

MotoGP San Marino: Vinales start terdepan, Marquez terjatuh

Dibaca: 277 x


Anambaspos.com – Maverick Vinales membawa Yamaha start terdepan pada kualifikasi di Misano. Juara dunia bertahan Marc Marquez mengalami kecelakaan jelang akhir sesi.

Kualifikasi MotoGP San Marino diwarnai duel tiga pembalap yang memperebutkan pole position, yakni Vinales, Marquez dan pemuncak klasemen sementara, Andrea Dovizioso.

Pada tiga menit pertama, Vinales merebut posisi teratas dari Jorge Lorenzo. Sempat digusur Dani Pedrosa, pembalap Yamaha itu mampu memperbaiki catatan waktunya dan kembali menempati posisi pertama.

Memasuki pertengahan sesi, Marquez melompat dari posisi ke-10 untuk merebut posisi teratas. Vinales pun dipaksa turun pada posisi kedua, sedangkan Dovizioso ketiga.

Ketika sesi tersisa waktu dua menit, Dovizioso menebar ancaman dengan mencetak catatan waktu lebih cepat. Marquez pun berupaya membalas. Sayang, upaya sang pembalap justru berakhir menyakitkan. Ia terjatuh di Tikungan 13.

Dan tepat pada satu menit terakhir, Vinales menggebrak dan mempertajam catatan waktunya menjadi 1 menit 32,439 detik. Dovizioso sempat meningkatkan catatan waktunya, tapi tak cukup mengalahkan Vinales. Ia akhirnya akan start kedua.

Ini merupakan pole keempat bagi Vinales pada musim 2017. Sebelumnya ia start terdepan di Qatar, Le Mans dan Mugello.

Marquez sendiri harus puas menempati posisi start ketiga, dengan catatan waktu terbaik 1 menit 32,636 detik, atau lebih lambat 0,197 detik. Di belakangnya ada pembalap satelit LCR Honda, Cal Crutchlow.

Lorenzo berhasil mengantarkan Ducati untuk melengkapi lima besar. Diikuti rookie Yamaha Tech 3, Johann Zarco. Dani Pedrosa pada posisi start ketujuh, di depan Danilo Petrucci dan Aleix Espargaro.

Sementara posisi start 10 besar dilengkapi Alvaro Bautista. Sedangkan wild card Ducati, Michele Pirro menempati posisi ke-11, mengungguli Karel Abraham [Aspar Team].

BACA JUGA  WorldSBK Perancis: Menangi balapan, Rea juara dunia

Sebelumnya, terjadi drama pada fase pertama kualifikasi [Q1]. Awalnya, Jonas Folger dan Jack Miller yang melaju ke Q2. Akan tetapi, kedua pembalap melewati batas trek dan catatan waktu mereka kemudian dibatalkan. Dengan kata lain, Bautista dan Abraham berhak menjalani Q2.

Hasil tak memuaskan dicetak Andrea Iannone. Harapannya untuk tampil baik di Misano sedikit terganggu. Ia hanya mampu menempati posisi start ke-21, bahkan kalah dari rekan satu tim Alex Rins.

Rookie Aprilia, Sam Lowes, meraih hasil buruk pada kualifikasi di Misano. Ia terjatuh untuk keempat kalinya sejauh akhir pekan ini, dan akan mengawali balapan dari posisi start paling buncit.

MotoGP San Marino akan dihelat Minggu [10/9] besok, pukul 19:00 WIB.(red/ol)



Terhubung dengan kami

     


pasang iklan banner