Desa Selasari Kabupaten Pangandaran, Terpilih Masuk 50 Desa Wisata Terbaik 2021
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengunjungi Desa Selasari di Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, yang terpilih menjadi 50 desa wisata terbaik 2021. - Foto: Ist/Beritasatu.com.

PANGANDARAN, Anambaspos.comDesa Selasari di Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, terpilih menjadi 50 desa wisata terbaik 2021 yang disaring Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Potensi yang ada di desa itu sudah diakui oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Menurutnya program desa wisata memajukan pedesaan dan ekonomi masyarakat, sehingga mewujudkan harapan dan mimpi warga setempat. Potensi yang ada suatu desa menjadi perhatian Kemenparekraf dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat desa dan diharapkan memotivasi semua pihak terkait, sehingga pariwisata di Pangandaran lebih baik lagi.

“Segala potensi ada di desa. Dengan adanya program desa wisata maka kebangkitan suatu desa dan masyarakat bisa lebih cepat dan lebih baik. Seperti yang ada di Desa Wisata Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Disini kita bisa lihat, ekonomi masyarakat berkembang dengan baik dengan desa wisata,” kata dia seperti dilansir Beritasatu.com, Kamis (14/10/2021).

BACA JUGA  Gubernur Ansar Ahmad Akan Perketat Syarat Perjalanan di Kepri Saat Nataru

Menurutnya, potensi wisata selain merawat yang ada tapi bisa juga dibentuk sehingga akan muncul suatu potensi wisata di satu desa. Diakui banyak yang sudah ada potensi wisatanya, masyarakat kemudian bisa meningkatkan potensinya dengan membangun atau mengembangkan lokasi wisata tersebut.

Potensi yang ada bisa dimanfaatkan seperti membuat suvenir suatu desa. Ada juga membuka tempat istirahat atau home stay maupun warung makan, sehingga wisatawan yang berkunjung bisa puas menikmati potensi wisata di lokasi tersebut. Dan di desa wisata Selasari ini, yang diangkat sport tourism karena memiliki potensi keindahan goa, sehingga wisatawan bisa mencoba rafting atau tubbing menyusuri sungai Santira.

BACA JUGA  Menparekraf Sandiaga Uno Buka Tempat Wisata Pasar Budaya Sangiran

Wisata budaya, kearifan lokal, dan toleransi beragama sangat kuat di Pangandaran. Menparekraf juga mendorong penguatan desa-desa wisata sebagai salah satu kekuatan pariwisata nasional, sehingga dapat membuka lapangan kerja dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

“Salah satunya melalui penguatan atraksi berbasis narasi (storynomic tourism) sehingga dapat menimbulkan daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung,” tukasnya.

BACA JUGA  Polri Ungkap 15 Kasus Pinjol Illegal Beserta Pendana WNA

Sementara Kepala Desa Selasari, Udin Tugaswara menuturkan program desa wisata Menteri Sandiaga membuat banyak desa yang sebelumnya tertinggal menjadi berkembang dengan baik dan bagus. Banyak kepala desa yang terharu dengan program tersebut pasalnya penduduk desa yang sebelumnya hanya bisa bertani atau berkebun dengan adanya desa wisata maka ada pekerjain lain yang bisa di kerjakan.

“Ini juga menciptakan lapangan kerja. Kita sekarang berharap ke anak-anak muda untuk bisa ikut kembangkan desanya,” tuturnya. (*p7s*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here