Presiden Jokowi Sebut Sebentar Lagi Mobil Listrik Buatan Indonesia Mulai Masif
Presiden Joko Widodo. (Foto: Humas Pemprov Bali)

JAKARTA, ANAMBASPOS.com Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) optimistis bahwa program percepatan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) di Tanah Air dapat terealisasi sesuai dengan peta jalan yang sudah ditentukan.

Dengan demikian, dua atau tiga tahun lagi mobil listrik produksi dalam negeri mulai bermunculan secara masif, mulai dari yang berharga terjangkau sampai dengan berteknologi canggih.

Demikian dikatakannya saat memberi pengarahan kepada peserta Program Pendidikan Reguler (PPRA) LXII dan Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) XXIII, Lembaga Ketahanan Nasional RI, seperti dilansir dari Kompas.com Rabu (13/10/2021).

BACA JUGA  Berkah Pandemi Covid-19 Indonesia Jadi Salah Satu Peluang Utama Investasi

Untuk merealisasikannya, perkembangan hilirisasi produk nikel harus terus diperhatikan. Lalu, investor atau badan usaha milik negara (BUMN) juga harus didorong untuk mendirikan industri pengolahan di Indonesia.

“Kita setop ekspor bahan mentah dan paksa, entah BUMN, swasta kita, atau investor, untuk mendirikan industrinya di dalam negeri. Nanti Bapak dan Ibu bisa lihat dua atau tiga tahun lagi yang namanya mobil listrik mulai bermunculan dari negara kita,” kata Jokowi.

BACA JUGA  Presiden Jokowi Pastikan Pelaksanaan Vaksinasi Merata dari Sabang Sampai Merauke

Ke depan, pemerintah juga ingin mengintegrasikan Krakatau Steel dengan industri baterai litium, industri turunan nikel, dan otomotif. Sebab, saat ini Krakatau Steel telah memiliki Pabrik Hot Strip Mill.

“Yang bisa memproduksi lembaran-lembaran tipis untuk bodi mobil. Dulu hanya untuk sasisnya, sekarang sudah bisa untuk bodi mobil. Baru saya resmikan bulan lalu,” kata Jokowi. (*p7s*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here