Metro   -

Tidak Ingin Kalah Bersaing, Hyundai pun Munculkan Pabrikan Buatan Indonesia

Dibaca: 126 x


Anambaspos.com – Hyundai Mobil Indonesia (HMI) bersiap menambah portofolio produk completely knock down (CKD) di tanah air. Kali ini, yang siap dirakit lokal berasal dari segmen SUV, karena dianggap paling menjanjikan untuk laku dibanding segmen lain. Pertanyaannya produk SUV apa itu?

“Saya belum bisa bicara model SUV mana yang akan kita CKD-kan,” ujar Presiden Direktur HMI, Mukiat Sutikno, saat ditemui di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Dia menambahkan, pastinya produk itu mulai dirakit di pabrik Hyundai di Bekasi, Jawa Barat, tahun depan. Targetnya bukan hanya pasar di dalam negeri, tapi lebih luas lagi menyasar kebutuhan ekspor khususnya wilayah Asia.

Bila melihat SUV Hyundai yang dipasarkan di Indonesia, saat ini ada dua: Tucson dan Santa Fe. Di antara keduanya, Tucson dengan bodi yang lebih kecil merupakan kendaraan terlaris sepanjang 2017 (Januari – Juni). Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), SUV 5-penumpang itu terjual 117 unit. Jadi prediksi kami, mobil inilah yang bakal dirakit lokal.

Di sini, Tucson dipasarkan dalam dua varian mesin. Pertama, mesin berbahan bakar bensin dengan kapasitas 2.0 L. Harganya mencapai Rp 417 juta. Kemudian ada mesin diesel 2.0 L yang memiliki performa lebih buas. Jantung mekanisnya bisa menyemburkan torsi puncak hingga 400 Nm pada 1.750-2.750 rpm dan tenaga maksimal 178 PS pada 4.000 rpm. Sistem transmisinya menggunakan 6-percepatan otomatis dengan shiftronic.

Fitur Tucson pun tidak kalah menarik, head unitnya sudah mengaplikasikan layar sentuh 8-inci yang mudah dioperasikan. Di dalamnya sudah disematkan fitur eagle eye view, yang mampu menampilkan pandangan terkait kondisi di seputar mobil. Fitur ini berfungsi memudahkan pengendara ketika memarkir kendaraannya.

BACA JUGA  Korlantas Polri: Arus Mudik 2022, Terdapat Anomali Berbeda dari 2019

Sebelumnya, Hyundai sudah sukses merakit secara lokal produk MPV bongsor, H-1. Mobil ini sudah diproduksi di Bekasi, sejak 2010 lalu. H-1 bahkan juga mampu menembus pasar ekspor ke tiga negara di Asia. Kelebihannya tampak dari jumlah penumpang yang bisa masuk ke kabinnya, sampai 11 orang atau empat baris kursi. Pada H-1 tipe tertinggi (Royale), pintu gesernya ganda berada di kiri dan kanan bodinya, sehingga memudahkan penumpang untuk masuk ke mobil. Dalam hal depot daya, H-1 tersedia dalam pilihan mesin bensin dan diesel. (red/auto)



Terhubung dengan kami

     


Pasang Iklan Banner klik DISINI