Metro   -

Suzuki Berhasil Mengekspor dua Type Mobil Salah satunya Ertiga Euro 5

Dibaca: 54 x


Anambaspos.com – Suzuki mengaku berhasil mengekspor dua tipe mobil: Ertiga dan APV yang memiliki standar emisi Euro 5. Jumlah ekspor dua kendaraan ini, mencapai sekitar 250 unit setiap bulannya.

“Ini membuktikan bahwa secara penguasaan teknologi, kami mampu. Semua tergantung permintaan dan regulasi di masing-masing negara tujuan ekspor,” ujar Deputy General Manager Export Department Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Hady Surjono Halim saat kami temui di Gaikindo Indonesia Internatinal Auto Show (GIIAS) 2017, sore ini.

Ertiga Euro 5 diekspor Kosta Rika, Amerika Tengah. Jumlah pengirimannya setiap bulan tidak terlalu banyak, 10-50 unit saja. Sementara APV Euro 5, tujuan pasar luar negerinya ada di Taiwan. Permintaan ekspornya sudah dilakukan sejak dua tahun lalu dengan jumlah mencapai 100 unit perbulan.

Padahal di Indonesia, Ertiga masih menggunakan standar emisi Euro 2 karena menyesuaikan regulasi pemerintah. Indonesia sendiri baru berencana melakukan peningkatan emisi ke Euro 4 pada tahun depan. Di sini, Ertiga dipasarkan dalam dua varian mesin bensin dan diesel (hybrid). Khusus varian bensin, dibekali mesin 1.4 liter yang sanggup mengeluarkan torsi puncak 130 Nm pada 4.000 rpm dan tenaga maksimal 92 PS pada 6.000 rpm. Mobil ini dibanderol mulai dari Rp 186 juta – Rp 226,5 juta (OTR Jakarta). Sementara varian diesel dibekali mesin Multijet 1.3 liter dan integrated starter generator (ISG), mampu menyemburkan torsi puncak 200 Nm dan tenaga maksimal 89 PS. Harga jualnya Rp 219,5 juta (OTR Jakarta).

APV pun masih memakai standar Euro 2 untuk pasar Indonesia. MPV ini ditawarkan dalam tipe: Arena dan Luxury. Beda keduanya ada pada tampilan, tipe Luxury lebih mewah karena penggunaan banyak aksen krom pada eksteriornya serta interiornya lebih canggih dengan head unit layar sentuh.

BACA JUGA  Otorita IKN Sebut IKN Nusantara, Smart City Yang Layak Ditinggali dan Dicintai

Dari sisi mesin, APV berkapasitas 1.5 liter yang bisa memuntahkan torsi puncak 126 Nm pada 3.000 rpm dan tenaga maksimal 94,5 PS pada 6.000 rpm. Padanannya, menggunakan sistem transmisi: 5-percepatan manual atau 4-percepatan otomatis. APV Arena dibanderol mulai dari Rp 143,75 juta – Rp 211 juta (OTR Jakarta) dan APV Luxury Rp 215,7 juta – 233,7 juta (OTR Jakarta). (red/auto)



Terhubung dengan kami

     


pasang iklan banner