Ratusan Pelajar SMA 1 Jemaja Antusias Ikuti Penyuluhan Pemilih Pemula

Dibaca: 11 x


Pelajar sekolah SMA Negeri 1 Jemaja antusias saat mendengarkan arahan tentang penyuluhan penyelenggara dan tahap penyelenggaraan pemilu kepada pemilih pemula. (Foto: Faisal)
Pelajar sekolah SMA Negeri 1 Jemaja antusias saat mendengarkan arahan tentang penyuluhan penyelenggara dan tahap penyelenggaraan pemilu kepada pemilih pemula oleh Ketua KPU Anambas. (Foto: Faisal)

ANAMBASPOS.COM, JEMAJA — Sebanyak 259 orang pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Jemaja, Kecamatan Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas yang merupakan pemilih pemula Antusias mengikuti penyuluhan penyelenggara dan tahapan penyelenggaraan pemilu yang disosialisasikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Anambas, Rabu (30/11/2016).

Ketua KPU Anambas, Syukrillah dalam sambutannya dihadapan pelajar menyebutkan, kedatangan pihak KPU Anambas ke sekolah ini untuk memberikan pemahaman dini tentang pemilu.

“Kita mengingat dan perlu dipahami bersama, para pelajar merupakan bagian dari kelompok masyarakat untuk memilih. Baik itu memilih calon legislatif, calon Pilkada, calon Pilgub maupun Pilpres pada pemilu tahun 2018 dan 2019 mendatang,” ungkap Syukrillah.

Dirinya menyampaikan, untuk pelajar yang sudah berumur 15 tahun sudah mempunyai hak untuk memilih dalam pemilu mendatang.

“Adik-adik yang sudah berumur 15 tahun sebagai pemilih pemula sudah bisa memilih. Karena pemilihan berlangsung pada tahun 2018 dan 2019 mendatang, usianya pun sudah 18 tahun. Dan sudah mempunyai hak untuk memilih,” katanya.

Selain itu, Syukrillah yang sudah dua periode menjadi Ketua KPU ini menjelaskan, ada tiga lembaga yang menyelenggarakan pemilu diantaranya, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) dan Dewan Komite Pengawasan Pemilu (DKPP).

“Ketiga lembaga tersebut mempunyai fungsi masing-masing yakni, KPU sebagai penyelenggara pemilu, BAWASLU sebagai badan pengawas pemilu serta DKPP yang bertugas sebagai mengawasi dan memantau kinerja dari KPU dan BAWASLU,” jelasnya.

Pria yang lahir di pulau Jemaja ini juga mengatakan, pemilih pemula harus cerdas berdemokrasi, untuk meningkatkan kualitas pemilu dan demokrasi. Pemilih pemula, merupakan segmen yang strategis karena memiliki potensi yang sangat besar.

BACA JUGA  Kadis PUPR Bantah Tudingan 'Permainan' Proyek di Anambas

“Pemilih cerdas berdemokrasi ialah ketika pemilih memahami demokrasi, kritis terhadap praktek demokrasi dan terampil dalam memperjuangkan kepentingan politik publik,” katanya lagi.

Dirinya berharap, bagi pelajar yang memiki hak pilih dalam pemilu mendatang dapat digunakan sebaik mungkin.

“Saya berpesan, gunakan lah hak pilih adik-adik pelajar untuk memilih di pemilu nanti. Satu lagi saya harapkan jangan golput..!. Karena itu tidak diharapkan,” bebernya.

Sementara itu Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Jemaja, Suprianto saat dikonfirmasi menanggapi baik dengan adanya kegiatan yang diberikan Ketua KPU Anambas.

“Ini kegiatan bagus dan positif. Karena ini pembekalan mereka kedepannya. Kegiatan Ini tampaknya saja mudah namun, kalau tidak diberikan penyuluhan dan memahami seperti ini, mukin mereka tidak akan tahu,” tutupnya. (Sal)



Terhubung dengan kami

     


pasang iklan banner