Headline   -

Kementan Himbau Petani Cengkeh Untuk Jaga Kualitas Produksi

Dibaca: 225 x


Petani Cengkeh di Kabupaten Anambas.
Petani Cengkeh yang ada di Kabupaten Anambas. Kementan menghimbau para petani cengkeh untuk menjaga kualitas produksinya. (Foto: Ist/ Dok. Anambas Pos)

ANAMBASPOST.COM, NASIONAL – Direktur Tanaman Tahunan dan Penyegar Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian, Dwi Praptomo Sudjatmiko mengimbau seluruh petani cengkeh untuk menjaga kualitas produksi mereka.

“Komoditas cengkeh nasional masih unggulan,” kata Dwi saat acara penyerahan bibit cengkeh dari Sampoerna, Kamis (03/12/2015).

Dilansir dari halaman Antaranews, Dwi menyebutkan, kebutuhan cengkeh nasional cenderung meningkat seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk dan permintaan luar negeri. Selain itu, produk cengkeh juga digunakan selain untuk rokok, seperti farmasi, kesehatan, spa dan aromaterapi.

Agar daya saing cengkeh Indonesia berkembang, petani perlu juga menjaga kuantitas agar kebutuhan selalu terpenuhi.

Hal penting lainnya, lanjut Dwi, adalah kontinuitas produksi jangan sampai terganggu.

Indonesia memiliki area pengembangan cengkeh seluas 502 ribu hektar, 97 persen lahan cengkeh merupakan perkebunan rakyat dan sisanya milik perusahaan yang menanam untuk digunakan sendiri.

Serapan produksi komoditas tersebut, menurut Ketua Dewan Nasional Asosiasi Petani Cengkeh Indonesia (APCI), Dahlan Said terbanyak digunakan oleh pabrik rokok, 93 persen dan sisanya digunakan sebagai rempah-rempah, seharga Rp 125.000 per kilogram.

Dwi mengatakan pengembangan komoditas tersebut belum maksimal, sekitar 40 hingga 60 persen di bawah potensi yang dimiliki.

(Natisha Andarningtyas/Red AP)

 

 

Sumber: Antaranews.com

BACA JUGA  Sejumlah Kelompok Nelayan Dapat Bantuan Solar Cell dari Premier Oil, Darmawi : Ini Berkat Yayasan Aras Jemaja Berkarya


Terhubung dengan kami

     


Pasang Iklan Banner klik DISINI