Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, SH menandatangani prasasti Gedung Pemuda Anambas
Ikhtiar panjang para Pemuda Anambas untuk memiliki sebuah gedung tersendiri, akhirnya terjawab sudah. Kamis siang (23/09/2021), bertempat di Ruang Pertemuan Kantor Bupati Kepulauan Anambas, Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris, SH secara resmi telah menandatangani Prasasti Gedung Pemuda Anambas. (Rencana Pembangunan Gedung Pemuda Anambas, Pemuda Pancasila Gelar Tepuk Tepung Tawar. TribunBatam, edis 8 September 2020)

Sekaligus, gedung itu kini sudah diserahterimakan dari Manajemen Premier Oil ke Masyarakat Kepulauan Anambas sebagai pengelola, yang diterima langsung secara simbolis oleh Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris, SH.

Sebelumnya, setelah melalui diskusi yang beberapa kali dilakukan, empat organisasi inisiator yakni, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Pemuda Pancasila (PP), Pemuda Muhammadiyah (PM) dan Himpunan Melayu Raya (HI Melaya) Kepulauan Anambas dengan rekomndasi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas, bersepakat mengusulkan pembangunan gedung bersejarah bagi kalangan pemua di Anambas itu, ke pihak Manajeman Premier Oil.

Proposal usulan saat itu, ditandatangani oleh para ketua – ketua empat organisasi inisiator tersebut, yaitu Ketua KNPI Anambas, Hafiz Rhiandi, Keua MPC PP Anambas, Asril Masbah, Ketua Pemuda Muhammadiyah Anambas, Muslim dan Ketua HI Melaya, Sahtiar, SH, MM.

Wal hasil, pihak Manajemen Premier Oil pun merespon dengan sangat cepat dan baik. Singkat cerita, kini Pemuda Anambas memiliki sebuah gedung tersendiri yang lumayan sangat representatif. Tentu saja sangat pula menjadi icon kebanggaan bagi kalangan Pemuda di Anambas. Sebab, nama Pemuda Anambas begitu sangat diperhitungkan di mata Manajemen Premier Oil yang Presiden Derekturnya berada jauh di Inggris.

Mungkin tidak penting-penting amat membangun sebuah gedung pemuda bagi mereka yang buta sejarah kepemudaan di tanah air. Mereka yang tidak memahami betapa beartinya para pemuda dalam proses panjang kemerdekaan bangsa ini. (Organisasi Pemuda Indonesia, Sumbu Pemersatu Bangsa. Kompas.id, edisi 10 November 2020)

Akan tetapi, bagi yang mengerti tentang kesejarahan Pemuda di Indonesia, memaklumi betapa besarnya kifrah kaum muda dalam proses kemerdekaan bangsa ini, tentulah, gedung pemuda itu sangatlah memiliki arti penting dan setrategis dalam agenda pembangunan.

BACA JUGA  Berdampak Positif Bagi Ekonomi, Warga Sambut Baik Festival Padang Melang

Semoga saja, Gedung Pemuda Anambas yang telah tersedia, dapat dikelola dengan baik dan bermanfaat bagi kesejarahan pembangunan dan estapet kepemimpinan di Kepulauan Anambas ke depannya. Melalui diklat -diklat kepemimpinan, diharapkan akan lahir figur – figur pemempin yang memiliki integritas. Sehingga, mampu membawa Kepulauan Aambas menjadi negeri yang terbilag.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here