Headline   -

Gempa Bumi 6,5 Scala Richter Melanda Cina Provinsi Schiuan

Dibaca: 62 x


Anambaspos.com – Guncangan hebat yang dipicu gempa 6,5 skala Richter tiba-tiba melanda Jiuzhaigou County di Provinsi Sichuan, China, Selasa malam 8 Agustus 2017.

Bangunan rusak hingga roboh, aliran listrik dan komunikasi terputus. Mereka yang terperangkap harus menanti pertolongan dalam gelap.

Berdasarkan laporan China Central Television (CCTV), yang dikutip dari Sputnik News, Rabu (9/8/2017), jumlah korban jiwa — yang awalnya disebutkan 5 orang — melonjak menjadi 88 orang.

Laporan CCTV menyatakan, jumlah pasti korban tewas dan luka masih belum dipastikan.

Menurut pusat penanganan gempa Tiongkok atau China Earthquake Networks Center (CENC), lindu mengguncang dengan kekuatan 7 skala Richter.

Pusat gempa terpantau berada di 33,2 derajat Lintang Utara dan 103,82 derajat Bujur Timur, dengan kedalaman dangkal, hanya sekitar 8 kilometer.

Guncangan hebat itu mengingatkan Tang Sesheng pada gempa dahsyat yang terjadi pada 2008 silam.

“Saya juga berada di Jiuzhaigou saat gempa besar mengguncang pada 2008, jadi aku tahu benar apa yang sedang terjadi. Namun, (lindu ini) terasa lebih kuat,” kata pemilik restoran tersebut, seperti dikutip dari NDTV.

Tang menambahkan, naluri warga untuk menyelamatkan diri sungguh kuat.

“Orang-orang tak sempat meraih apapun, pakaian atau uang, kami ingin secepatnya lari,” tambah dia.

Pusat gempa Selasa malam memang tak jauh dari titik terjadinya lindu dahsyat 8 SR yang terjadi pada 12 Mei 2008 lalu, yang mengakibatkan 87 ribu orang tewas atau hilang. (bp/red)

BACA JUGA  Seminar Budaya Tribute to Afandi Yacob, Digelar Agustus Mendatang.


Terhubung dengan kami

     


pasang iklan banner