Kuliner   -

Untuk Melancar ASI, Serta Meningkatkan Kualitas ASI, Ini 5 Resepnya

Dibaca: 67 x


Anambaspos.com – Alangkah bahagianya jika seorang ibu dapat memberikan ASI eksklusif kepada sang buah hati karena menurut rekomendasi dari World Health Organization (WHO), idealnya seorang ibu memberikan ASI eksklusif selama enam bulan.

Namun pada kenyataannya, pemberian ASI eksklusif tidak semudah yang dibayangkan dan salah satu hambatan yang sering terjadi adalah produksi ASI yang kurang. Dalam pekan ASI sedunia yang diperingati tanggal 1 – 7 Agustus, Cookpad memberikan referensi resep untuk jenis makanan tambahan yang dapat membantu para ibu menyusui supaya memiliki ASI berkualitas dan melimpah.

1. Daun Bangun Bangun

Selain daun katuk yang populer di kalangan masyarakat, ada juga daun bangun bangun yang memiliki khasiat sama. Daun bangun bangun dikenal oleh masyarakat yang tinggal di wilayah Sumatera Utara. Tanaman yang dimanfaatkan daunnya ini dikenal dapat melancarkan ASI. Jadi, jika Anda menemukan daun ini segera olah dan konsumsi dengan resep yang direferensikan berikut ini.

2. Sup Pepaya Muda

Buah pepaya yang kaya serat ini mengandung vitamin A yang baik untuk tubuh. Biasanya pepaya dikonsumsi saat sudah matang karena rasanya yang manis, namun ada juga yang mengolah pepaya muda atau yang belum matang salah satunya sup pepaya muda ini. Untuk melengkapi nutrisi dalam masakan, Moms bisa menambahkan ayam atau ikan untuk asupan protein dalam tubuh untuk memproduksi ASI. Berikut resepnya.

3. Jus Kurma

Buah kurma yang sudah matang memiliki kandungan gula mencapai 80%, sisanya adalah protein, serat dan nutrisi penting lainnya yang potensial (Sumber:Wikipedia). Bagi ibu menyusui, buah kurma sangat baik untuk masa pemulihan pasca melahirkan dan mencegah anemia dan yang terpenting adalah ASI deras, stamina tetap fit. Kurma matang biasa dimakan langsung. Agar lebih bervariasi dan tidak bosan, kurma bisa diolah menjadi minuman yang segar. Pilih resepnya.

BACA JUGA  Menikmati Lezatnya Kopi Kawa, Sembari Melihat Pemandangan Batam

4. Susu Kacang Almond

Kacang almond bentuknya lebih besar dibanding kacang-kacang lainnya. Kandungan almond baik untuk kesehatan dan kecantikan. Rasanya yang gurih memang cocok untuk dicampur dengan cokelat atau kue. Sementara untuk ibu menyusui, kacang almond bermanfaat sebagai penambah energi, melancarkan dan meningkatkan kualitas ASI. Ini resepnya.

5. Susu Jagung

Jagung sebagai sumber karbohidrat memiliki khasiat yang baik untuk ibu menyusui karena dapat menyuplai energi yang cukup. Banyak olahan yang dapat dilakukan untuk menikmati jagung ini salah satunya adalah dengan membuat susu jagung. Sebagai pejuang ASI, tidak ada salahnya untuk melengkapi nutrisinya dengan susu jagung ini. Cara mengolahnya pun cukup mudah dan tidak memakan waktu banyak.

Referensi resep-resep ini semoga bisa membantu para ibu menyusui yang berjuang untuk bisa memberikan ASI eksklusif untuk buah hatinya. (red/Kul)



Terhubung dengan kami

     


pasang iklan banner