Pemda Anambas Gelar Musrenbang RKPD Tahun 2024

Dibaca: 144 x


ANAMBASPOS.COM, SIANTAN – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas melalui Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) gelar rangkaian kegiatan  Musrenbang dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024, Selasa (28/3/2022).

Musrenbang yang berlangsung di Aula Ruang Rapat Prof. M, Zaen lantai III Kantor Bupati tersebut dibuka oleh Bupati Abdul Haris, SH dengan ditandai pemukulan Gong.

Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, SH, MH ketika membuka secara resmi agenda Musrenbang RKPD Tahun Anggaran 2024.

Dalam sambutannya Bupati Anambas mengatakan, Musrenbang pada tahun ini  mengambil tema pembangunan yakni  “Penguatan Sumber Daya Manusia, Ketahanan Ekonomi, serta Pengembangan Tata Kelola Pemerintahan yang Efektif, Efisien dan Transparan”.

“Pemilihan tema pembangunan di atas disusun sebagai bentuk harmonisasi kebijakan-kebijakan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi terhadap Perintah Kabupaten dan gambaran dari realitas kebutuhan masyarakat serta mempertimbangkan indikator makro pembangunan,”ujar Haris.

Menurut Bupatti Anambas, angka kemiskinan makro dari 7,51% di tahun 2022 diharapkan turun menjadi 6% di tahun 2024. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) meningkat dari 69,61 di tahun 2022 diupayakan menjadi 74,21 di tahun 2024.

Lebih lanjut Haris  menambahkan, tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) 71,64 % di tahun 2022 menjadi 68,70 % di tahun 2024. Laju pertumbuhan ekonomi (tanpa migas) dari 3,62 % ditahun 2022 diupayakan mencapai 3,97-4,97 % di tahun 2024. Indeks gini ratio 3,31 di tahun 2022 menjadi 0,26 di tahun 2024 Nilai SAKIP di tahun 2022 mendapatkan predikat B dan tetap pada predikat B dengan poin nilai yang meningkat di tahun 2024.

“Melalui tema pembangunan diatas, saya ingin menegaskan kepada saudara-saudara bahwa Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas akan fokus dalam 4 (empat) prioritas pembangunan yaitu: 1. Pemantapan kualitas SDM yang sehat, unggul dan berdaya saing, 2. Pengembangan dan pemantapan sumber daya ekonomi dan investasi daerah, 3. Peningkatan infrastruktur dasar dalam mendukung perekonomian daerah, 4.Peningkatan tata kelola pemerintahan, stabilitas sosial, keamanan dan ketertiban di masyarakat,”Kata Haris.

BACA JUGA  Jebakan

Haris mengaku,  pemilihan tema pembangunan di atas juga disejalankan dengan isu-isu yang menjadi perhatian  bersama saat ini yaitu isu Pengentasan Kemiskinan dan Stunting disamping isu Pemilihan Presiden, Anggota Legislatif dan Kepala Daerah.

Kata dia, Isu pengentasan kemiskinan dan Stunting adalah 2 (dua) isu yang saling mendukung. Pengentasan Kemiskinan dilihat dari sektor Sosial dan sektor ekonomi akan menstimulan rasa kesetiakawanan sosial  untuk membantu masyarakat  yang dalam kondisi tidak berdaya sehingga dapat berdayaguna dan Isu Stunting membuat kita lebih memperhatikan tumbuh kembangnya generasi penerus bangsa untuk menciptakan SDM tangguh.

“Saat ini isu Kemiskinan Ekstrem sedang mencuat dengan terbitnya Instruksi Presiden nomor 4 Tahun 2022 tentang percepatan penghapusan kemiskinan Ekstrem yang memerintahkan bagi pemerintah kabupaten agar, melaksanakan percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem di wilayah kabupaten/kota, menetapkan data sasaran keluarga miskin ekstrem berdasarkan hasil musyawarah desa/kelurahan, menyusun program dan kegiatan pada RKPD Kabupaten/Kota serta mengalokasikan anggaran pada APBD Kabupaten / Kota dalam rangka percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem, termasuk pemutakhiran data penerima dengan nama dan alamat (by name by address), memfasilitasi penyediaan lahan perumahan bagi penerima manfaat,”paparnya.

Pada kesempatan yang berbahagia itu, Haris mengimbau semua pihak mendukung program dan kegiatan perencanaan pembangunan tahun 2024 untuk fokus pada Pemantapan kualitas SDM yang berdaya saing.

Ketua DPRD Anambas, Hasnidar saat menyampaikan kata sambutan dalam acara Musrenbang RKPD Tahun 2024

 

Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Anambas foto bersama dalam acara Musrenbang RKPD Tahun 2024

 

Penyerahan dokumen pokok-pokok pikiran aspirasi masyarakat oleh Ketua DPRD Anambas kepada pihak Pemda Anambas.

 

Wakil Buapti Anambas bersama Danlanal Tarempa di acara Musrenbang RKPD 2024

 

BACA JUGA  Dinkes Anambas akan Pantau Perkembangan Penyakit HIV AIDS di Tiga Pulau
Sekretaris Daerah (Sekda) turut hadir dalam kegiatan Musrenbang RKPD Tahun 2024.

 

Ketua DPRD Anambas, Hasnidar saat menghadiri kegiatan Musrenbang RKPD Tahun 2024.

 

Foto bersama tamu undangan dan peserta Musrenbang RKPD Tahun 2024 yang berlangsung di Ruang Rapat Prof, M Zein lantai 3 Kantor Bupati Anambas


Terhubung dengan kami

     


Pasang Iklan Banner klik DISINI