Sejumlah Rangkaian Kegiatan, Meriahkan HUT PGRI ke – 72 di Anambas

Dibaca: 531 x


ANAMBASPOS.COM, PALMATAK – Persatuan Guru Republik Indoneisa (PGRI) Kabupaten Kepulauan Anambas menyelenggarakan sejumlah kegiatan. Diantaranya Malam Apresiasi Seni dan Bazar Kreatif di Lapangan Sulaiman Abdullah, Tarempa. Ada pula Permainan dan Pentas Hiburan Rakyat di Kecamatan Palmatak.

Wakil Bupati Anambas, Wan Zuhendra menyerahkan penghargaan kepada salah soarang tokoh peduli pendidikan

Selain itu diadakan juga sejumlah perlombanaan seperti, Lomba Baca Pusi, Lomba Berpidato, Lomba Sepak Bola dan  Lomba Volly Ball Tingkat Pelajar, serta Lomba Mars PGRI Tingkat Pengurus. PGRI Kabupaten Kepulauan Anambas-pun memberikan Anugerah Penghargaan kepada sejumlah tokoh yang telah peduli dan berjasa terhadap dunia pendidikan di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Rangkaian demi rangkaian kegiatan tersebut, adalah dalam rangka memperingati  Hari Ulang Tahun  Persatuan Guru Republik Indonesia (HUT-PGRI) yang ke – 72 di Kabupaten Kepulauan Anambas pada tahun 2018 yang diperingati pada tanggal 25 November setiap tahunnya.

Ketua PGRI Anambas, Herianto, S.IP, juga menyerahakn penghargaan

Adapun tema yang diusung yakni ‘Mari kita Bangkitkan Kesadaran Kolektif Guru dalam Meningkatkan Disiplin dan Etos Penguatan Pendidikan Berkarakter. Usai melakukan sejumlah kegiatan dan upacara, diteruskan pula dengan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) PGRI Kepulauan Anambas Tahun 2018 di Palmatak.     

Sebagai puncak dari seluruh rangkaian kegiatan HUT PGRI ke – 72 tersebut, digelar upacara, bertempat di Lapangan Bola Ladan, Kecamatan Palmatak Kabupaten Kepulauan Anambas pada Sabtu (25/11/2017). Bupati, Wakil Bupati dan sejumlah Unsur Pimpinan Daerah lainnya terlihat hadir pada upacara tersebut.

Paskibra Palmatak fhoto bersama Bupati-Wakil Bupati usai upacra berlangsung

Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris, SH menekankan bahwa pentingnya nilai-nilai ketauladanan bagi guru. Hal itu dikarenakan guru, merupakan tokoh panutan yang sangat berperan bagi pembentukan prilaku maupun keberhasilan anak-anak didiknya.

BACA JUGA  FAO dan IRRI Akui Ketangguhan Sektor Pertanian Indonesia Di Tengah Pandemi dan Krisis

“Saya kira nilai-nilai ketauladanan yang baik perlu ditingkatkan dan dijaga oleh guru secara terus menerus. Karena peran guru sangat berpengaruh besar terhadap prilaku yang akan membentuk karakter maupun keberhasilan anak didik. Apa yang dilakukan guru, itulah yang akan diikuti dan dicontoh oleh anak-anak didik. Ibarat pepatah, jika guru kencing berdiri maka murid kencing berlari,” uacap Haris, dalam amanatnya saat mejadi Pembina Upacara HUT PGRI ke 72 di Lapangan Bola Ladan, Palmatak, Sabtu (25/11/2017) tersebut.

Pengurus PGRI Anambas fhoto bersama usai melaksanakan Raker Tahun 2018

Diapun menyampaikan apresiasi kepada PGRI Kepulauan Anambas atas pengabdian dan dedikasi yang telah diberikan selama ini. “Pada usia PGRI yang ke- 72 pada tahun ini, usia yang sudah cukup matang. Tentu banyak lika-liku yang telah dilalui. Telah banyak pula pengorbanan yang diberikan. untuk itu saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepda PGRI Kepulauan Anambas. Tentu pula tantangan ke depannya akan lebih besar dan mesti memerlukan kerjasama dan soliditas yang kuat,” sebut Haris.

Saat berlangsungnya upacara HUT PGRI ke-72 di Lapangan Bola, Ladan Kecamatan Palmatak

Sementara itu, Ketua PGRI Kabupaten Kepulauan Anambas, Herianto, S.IP ketika dimintai tanggapannya terkait momentum HUT RI ke-72 tersebut mengungkapkan bahwa pihaknya saat ini tengah melakukan penguatan internal keorganisasian. Hal itu  katanya, sangat penting untuk mencapai tujuan organisasi yang berorientasi pada peningkatan kualitas dan kesejahterann guru.

Anggota PGRI Anambas saat berada dalam KM INKAMINA dari Tarempa menuju Palmatak

“Ya untuk saat ini bagaimana menumbuhkan dan menciptakan kesadaran bersama, bahwa pentingnya peran guru melalui wadah PGRI ini, tengah kami upayakan.Jadi berbagai rangkaian kegiatan yang dilakukan melalui momentum HUT PGRI ke-72 ini, adalah sebagai upaya untuk menumbuhkan rasa kebersmaan itu. Tidak ada yang tidak bisa kita selesaikan jika kita bekerja secara bersama-sama,” terang Herianto.

BACA JUGA  Pekerja Tidak Terima Upah, Diduga Rp. 500 Juta Anggaran Pembangunan Swakelola Gedung SLB Negeri Anambas Disalahgunakan
Stand Bazar di Lapangan Bola Sulaiman Abdullah, dalam rangka HUT PGRI ke – 72

Secara terpisah, Sekretaris PGRI Kabupaten Kepulauan Anambas, Saparuddin, S.Pd.I menambahkan bahwa, untuk saat ini Anggota PGRI Kabaupaten Kepulauan Anambas yang teregitrasi sekitar 1.600-an orang. Pihaknya, kata Sapar, akan memaksimalkan koordinasi untuk menertibkan administrasi organisasi ke depannya.

“Keanggotan kita sekitar seribu enam ratus-an lah, itu terdiri dari tenaga pendidik baik yang PN maupun non PN. Akan terus kita lakukan koordinasi terhadap pengurus dan anggota, untuk kemajuan PGRI di Kabupaten Kepulauan Anambas ke depannya,” kata Safar saat berbincang dengan anambaspos.com. (ril/ap)



Terhubung dengan kami

     


Pasang Iklan Banner klik DISINI