Anambas, Berita   -

Penting.! SE Himbauan Kesiapsiagaan Menghadapi Potensi Ancaman Bencana

Dibaca: 713 x

Potongam screenshot SE Himbauan Bupati Kepulauan Anambas yang diterima redaksi Anambaspos.com, Jum'at (05/07/2024).
Penulis • Dan    Editor • Slamet   

ANAMBASPOS.COM, Siantan – Kondisi cuaca di Kabupaten Kepulauan Anambas 5 hari kedepan terhitung tanggal 5 Juli 2024 hingga 9 Juli 2024 diperkirakan kurang bersahabat.

Berdasarkan informasi prakiraan cuaca extrim dari stasiun metreologi kelas III Tarempa nomor e.B/ME.02.04/071/KTRP/VII/20 tanggal 04 Juli  2024 tentang informasi prakiraan cuaca 5 hari kedepan dan memperhatikan kondisi keadaan cuaca saat ini di Kabupaten Kepulauan Anambas, Bupati Kepulauan Anambas, H. Abdul Haris, SH.MH mengeluarkan Surat Edaran (SE) nomor 23 tahun 2024 tentang  Himbauan kesiapsiagaan menghadapi potensi ancaman bencana banjir, tanah longsong, abrasi dan angin kencang maupun bencana alam lainya di Kabupaten Kepulauan Anambas.

SE Himbauan tersebut juga ditujukan kepada segenap masyarakat yang beraktifitas sehari hari seperti pengelola maupun pengguna transpotasi laut, angkutan umum penumpang maupun barang.

Selain itu, segenap masyarakat juga diminta untuk memperhatikan beberapa hal dengan meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian dalam pelaksanaan pelayaran dan aktifitas laut.

Tidak itu saja, melengkapi peralatan keselamatan laut seperti life jacket pelampung dan mengaktifkan radio/alat komunikasi di laut dalam pelaksanaan pelayaran aktifitas melaut juga perlu di perhatikan.

“Selalu memonitor, memperhatikan  dan mengevaluasi kondisi perubahan cuaca serta informasi prakiraan cuaca dari pihak pihak berwenang sebelum melakukan aktifitas melaut”, tulis Bupati Haris dalam SE Himbauan yang diterima Redaksi Anambaspos.com, Jum’at (05/07/2024).

Lanjut di dalam SE Himbuan itu juga menyampaikan agar masyarakat tidak memaksa untuk melaksanakan pelayaran atau aktifitas melaut jika kondisi cuaca tidak memungkinkan.

Bagi masyarakat yang tinggal di tepi gunung atau perbukitan dihimbau untuk waspada akan terjadinya tanah longsor di area sekitar, karena kelembapan tanah berpotensi terjadinya tanah longsor di perbukitan. Sementara itu, bagi masyarakat yang tinggal di area bantaran sungai dihimbau untuk selalu waspada dengan volume air yang ada di sungai sekitar, segera laporkan kepada pihak yang berwenang apabila melihat dan mengetahui peningkatan volume atau debit air

BACA JUGA  Beredar Kabar Ada Pelantikan Pejabat di Lingkungan Pemprov Kepri Hari Ini

Kepada semua masyarakat untuk berhati hati dan selalu waspada terhadap potensi adanya pohon tumbang, dahan patah dan tidak berteduh di bawah pohon saat hujan serta perhatikan kondisi jalan licin saat berkendara

Kepada masyarakat untuk dapat segera menyelamatkan barang barang dan surat surat berharga apabila ada tanda tanda bencana. Berhati hati saat berenang di laut

Lakukan pengelolaan sampah dengan baik dan benar, tidak membuang sampah yang berpotensi menghambat aliran air, berhati hati dalam memarkir/menambatlan alat transportasi laut

Buapti Haris didalam SE tersebut juga mengarakan seluruh kepala perangkat daerah untuk dapat mensosialisasikan himbauan ini kepada staf dilingkungan instansi masing masing

Tidak itu saja, camat, lurah dan kepala desa juga diminta untuk dapat mensosialisasikan himbauan itu kepada masyrakat di wayah kerja masing masing.



Terhubung dengan kami

     


Pasang Iklan Banner klik DISINI