Mantan Buruh ini berani lawan Ahmad Dhani di Pilbup Bekasi

Dibaca: 228 x


obonJakarta – Anambaspos.com – Tokoh dari berbagai latar belakang mewarnai ajang pesta demokrasi di Pilkada serentak 2017. Dari politikus, pengusaha, birokrat, artis, hingga ada mantan buruh di Kabupaten Bekasi yang memberanikan diri maju di Pilbup Bekasi.

Mantan buruh itu bernama Obon Tabroni. 25 tahun lalu, tepatnya pada 1991, Obon adalah seorang buruh di pabrik perusahaan elektronik di Bekasi. Pekerjaan itu dia jalani selama 20 tahun hingga 2005.

“Saya dari kalangan buruh, jadi tahu bentuk-bentuk ketidakadilan. Dulu saat anak pertama saya lahir tahun 1996, saya merasakan betapa sulitnya hidup sebagai buruh,” kata Obon saat berbincang, Kamis (27/10/2016).

Dari situ, Obon lalu aktif di serikat buruh perusahaan hingga bergabung dengan serikat lain. Sebagai aktivis buruh, jabatan terakhirnya adalah di Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) sebagai Wakil Presiden bidang organisasi.

“Ketika bicara soal buruh itu di pabrik. Ketika pulang kita jadi warga yang menghadapi banyak masalah yang sulit. Soal kesehatan, pendidikan, kemacetan. Itu kewenangannya di Pemda,” ujarnya.

Di Pilkada Kabupaten Bekasi, Obon menggandeng Bambang Sumaryono sebagai wakilnya dan maju lewat jalur perseorangan. Keduanya menyerahkan KTP dukungan sebanyak 158 ribu KTP dan 142 ribu di antaranya dinyatakan sah. Batas minimal KTP dukungan untuk calon perseorangan di Pilbup Bekasi sendiri adalah sekitar 134 ribu.

Obon berkisah, pengumpulan KTP itu sudah dilakukan sejak 2 tahun lalu. Dia mengaku beruntung karena dikelilingi rekan-rekan relawan yang solid.

“Saya bilang, kalau ente serius kumpulin saja KTP. Jadi kita jalan door to door, rumah ke rumah lain, pabrik ke pabrik, kampung ke kampung,” ungkap Obon.

Pilbup Bekasi 2017 sendiri diikuti oleh 5 pasangan calon. Lawan Obon di antaranya adalah calon petahana Bupati Bekasi Neneng Hassanah Yasin yang berpasangan dengan Eka Supria Atmaja, juga ada cawabup Ahmad Dhani yang berlatar belakang artis dan berpasangan dengan Sa’duddin.

BACA JUGA  Tak Kenal Lelah, Selama Ramadan Wan Zuhendra Perkuat Silaturrahmi Kepada Masyarakat

Menurut Obon, nama-nama besar itu bukan berarti lawan berat. Dia juga punya strategi sendiri untuk mengalahkan para saingannya itu.

“Masyarakat sekarang sudah banyak berpikir rasional. Saya ada jaringan di pabrik. Kita juga lebih banyak bekerja dengan relawan, tumpuan kita di relawan. Kita bisa kalahin mereka. Kita berani banget lawan Ahmad Dhani,” ujarnya.

Yang unik lagi adalah akronim nama Obon dan pasangannya, Bambang. Mereka mengenalkan diri sebagai pasangan ‘Obama’.

“Itu dari teman-teman juga. Kan ada Obama yang melakukan perubahan di Amerika Serikat. Nah, kalau ini ‘Obama’ yang melakukan perubahan di Bekasi,” pungkas Obon sambil tertawa. (AP/red)

Sumber : detik.com



Terhubung dengan kami

     


Pasang Iklan Banner klik DISINI