KKP Berikan Satu Unit Kapal Tangkap Bagi Nelayan Anambas

Dibaca: 201 x


Penjabat Bupati Anambas, Eko Sumbaryadi (Baju kuning) beserta rombongan meninjau KMN. Mina Maritim 164 yang baru bersandar di pelabuhan Pengawasan Perikanan DKP Anambas.
Penjabat Bupati Anambas, Eko Sumbaryadi (Baju kuning) beserta rombongan meninjau KMN. Mina Maritim 164 yang baru bersandar di pelabuhan Pengawasan Perikanan DKP Anambas. (Foto: Ist/Red AP)

ANAMBASPOST.COM, ANAMBAS, Siantan – Kelompok nelayan Selayang Desa Tarempa Barat, Kecamatan Siantan, Anambas, Kepri mendapatkan bantuan satu unit kapal tangkap ikan yang bernama KMN. Mina Maritim 164 dengan kapasitas 51 Gross Ton (GT) dari Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Bantuan kapal tangkap ikan tersebut diserah terimakan oleh Penjabat Bupati Anambas, Eko Sumbaryadi kepada kelompok nelayan di pelabuhan Pengawasan Perikanan Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Anambas, Jumat (11/12/2015).

Eko menyebutkan, kapal tangkap tersebut akan dijadikan percontohan bagi nelayan Anamabas. “Ini akan jadi Pilot Project nantinya. Sebab sebelumnya, nelayan kita selama ini masih bekerja sendiri-sendiri. Jadi dengan adanya bantuan kapal ini, diharapkan nelayan kita bisa bekerja secara kelompok, yang mana 1 kelompok tersebut ada 10 orang nelayan untuk bekerjasama,” sebut Eko.

Eko melanjutkan, jika kedepan pilot project perdana ini berhasil maka pihaknya akan berupaya mengusulkan kembali bantuan kapal tangkap lagi ke kementerian untuk kelompok nelayan yang lain.

“Jadi pihak kita akan menambah lagi kapal tangkap tersebut, jika pilot prjoect ini berhasil diterapkan,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Anambas, Yunizar mengatakan, bantuan KKP tersebut berasal dari dana APBN tahun 2015.

“Kapal tangkap untuk kelompok nelayan ini berasal dari APBN tahun 2015. Dan untuk Provinsi Kepri ada tiga daerah yang menerima bantuan kapal tangkap ini yaitu, Karimun, Natuna dan daerah kita sendiri Anambas,” bebernya.

Sementara itu, Rasa, Kapten kapal KMN. Mina Maritim 164 yang membawa kapal tersebut dari Jakarta menuju Anambas, pada Kamis dengan kecepatan berkisar antara 8-10 knot dan dengan menggunakan BBM sebanyak 3 ton. Walaupun dirinya mengaku sempat tersesat saat memasuki laut Anambas namun perjalanan lumayan lancar.

BACA JUGA  Rombongan IKAL Nikmati Indahnya Pesona Pantai dan Bawah Laut Anambas

“Kita konvoi dengan kapal bantuan lainya yang mau di antar ke Natuna. Sempat mutar-mutar juga mau memasuki laut Anambas sehingga makan waktu. Tapi, sampai juga. Lega rasanya bisa sampai dengan selamat ke Anambas, besok kita akan ke Natuna untuk mengantarkan 1 Kapal tangkap bantuan dari KKP ,” beber Rasa saat dikonfirmasi oleh pewarta. (Sal)

 



Terhubung dengan kami

     


Pasang Iklan Banner klik DISINI