Kapolres Anambas Pimpin Upacara PTDH Anggota Terlibat Kasus Narkotika

Dibaca: 1,789 x

Kapolres Kepulauan Anambas AKBP Apri Fajar Hermanto, S.I.K, saat mencoret foto Aipda RA yang dihukum PTDH, Rabu (21/06/2023)

ANAMBASPOS.COM, SIANTAN – Kapolres Kepulauan Anambas AKBP Apri Fajar Hermanto, S.I.K, memimpin Upacara Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH), Rabu (21/06/2023).

Upacara PTDH tersebut diselenggarakan dengan cara In Abtentia atau tidak dihadiri anggota yang telah jelas melakukan pelanggaran dan harus dihukum.

Oknum Anggota Polres Kepulauan Anambas yang menerima hukuman PTDH adalah Aipda RA.

Aipda RA diberhentikan karena melakukan penyalahgunaan tindak pidana narkotika.

”Saat ini Polri sangat membutuhkan banyak personel. Akan tetapi hari ini dengan terpaksa harus kami berhentikan,” Ucap Kapolres Kepulauan Anambas.

Kapolres Kepulauan Anambas melakukan PTDH dengan pencoretan foto Aipda RA karena tidak hadir saat upacara tersebut (In Abtentia).

“Perlu diketahui bersama bahwa upacara PTDH yang dilaksanakan hari ini merupakan salah satu wujud dan bentuk realisasi komitmen pimpinan polri, dalam memberikan sanksi tegas berupa punishment atau sanksi hukuman bagi anggota yang melakukan pelanggaran,” terang Kapolres.

Keputusan pemberhentian tersebut, telah dilaksanakan melalui proses yang sangat panjang dan penuh pertimbangan serta senantiasa berpedoman kepada koridor hukum yang berlaku.

Sementara itu, proses PTDH yang dilakukan terhadap Aipda RA telah ditinjau dari beberapa asas sebelum dilakukan pemberhentian.

“Antara lain asas kepastian yaitu dengan berdasarkan adanya kepastian terhadap anggota yang melakukan pelanggaran sehingga menjadi jelas statusnya,” sebutnya.

Selanjutnya, melihat dari asas kemanfaatan yaitu pertimbangan seberapa besar manfaatnya bagi organisasi polri dan anggota polri yang dijatuhi hukuman PTDH tersebut.

Lanjut Kapolres Kepulauan Anambas melihat kepada asas keadilan yaitu memberikan reward kepada personel yang berprestasi dan memberikan punishment/hukuman kepada personel yang melakukan pelanggaran baik disiplin maupun kode etik.

“Maka dari pada itu perlu saya tekankan kepada seluruh personel agar terus meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai wujud rasa syukur atas segala nikmat yang telah diberikan kepada kita semua dan sebagai benteng dari diri perbuatan menyimpang dan tercela,” tegas Kapolres.

BACA JUGA  MUI Tegaskan Hewan dengan Gejala Ringan PMK Sah untuk Kurban


Terhubung dengan kami

     


Pasang Iklan Banner klik DISINI