Indonesia Masuk Urutan 3 Negara dengan NIM Perbankan Terbesar di G20

Dibaca: 315 x

Indonesia Masuk Urutan 3 Negara dengan NIM Perbankan Terbesar di G20
Presiden Joko Widodo menyentil marjin Bunga Bersih atau Net Interest Margin (NIM) perbankan di Indonesia yang sebesar 4,4 persen saat ini. Menurut Jokowi, NIM bank di Indonesia mungkin yang tertinggi di dunia. - Foto: Arif Wicaksono

JAKARTA, AnambasPos.com — Presiden Joko Widodo menyentil marjin Bunga Bersih atau Net Interest Margin (NIM) perbankan di Indonesia yang sebesar 4,4 persen saat ini. Menurut Jokowi, NIM bank di Indonesia mungkin yang tertinggi di dunia.

baca juga: Jokowi Bilang Marjin Bunga Bersih Perbankan Indonesia Gede-Gede, Ternyata Ini Fungsinya
Dengan NIM sebesar itu maka Presiden Joko Widodo mengingatkan agar bank mau mendanai proyek-proyek Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) dan tidak mengambil keuntungan semata dengan mendanai kreditur jumbo.

Namun dalam penelusuran Medcom.id, NIM perbankan di beberapa negara masih di atas Indonesia untuk negara anggota di G20.

BACA JUGA  Dari Tangan "Mulia" Untuk Korban Longsor Serasan

Sepuluh negara dengan NIM terbesar di G20 berdasarkan data dari theglobaleconomy.com selama kurun waktu 2000 sampai 2021 serta sumber lainnya. Dikutip dari Medcom.id, Kamis (8/2/2023), berikut ringkasannya:

1. Argentina
Argentina merupakan negara dengan NIM terbesar di antara negara G20. NIM negara asal Diego Maradona itu sebesar 10,44 persen. Argentina memiliki pendapatan per kapita sebesar USD10.729 pada 2021. Argentina memiliki 62 bank dengan 13 di antaranya bank milik pemerintah dan 49 lainnya bank swasta.

2. Meksiko
Meksiko merupakan negara dengan NIM terbesar kedua di G20 dengan angka sebesar 5,67 persen. Meksiko memiliki pendapatan per kapita sebesar USD9.962. Meksiko memiliki 48 bank dengan tujuh dari di antaranya mengontrol 78 persen market share dalam aset perbankan.

3. Indonesia
Indonesia yang berada di urutan tiga memiliki NIM sebesar 5,06 persen. Indonesia memiliki pendapatan per kapita sebesar USD 4.361. Indonesia memiliki 107 bank komersial. Indonesia juga memiliki empat bank pelat merah komersial yang memiliki aset cukup besar.

BACA JUGA  Thai Fried Noodle

4. Brasil
Brasil memiliki NIM perbankan sebesar 4,42 persen. Brasil memiliki pendapatan per kapita sebesar USD7.515. Tercatat ada 174 bank di Brasil dengan 153 di antaranya adalah bank komersial.

 


sumber • Medcom

Terhubung dengan kami

     


Pasang Iklan Banner klik DISINI