Dunia, Headline   -

Gempa Bumi 8.1 Magnitude Menguncang Mexico Selatan

Dibaca: 166 x


Anambaspos.com – Setidaknya lima terbunuh di provinsi selatan, karena gelombang tsunami hingga satu meter diukur di lepas pantai Salina Cruz. Seperti yang dilansir dari kantor berita Aljazeera Sebuah gempa besar di lepas pantai selatan Meksiko menewaskan setidaknya lima orang pada Kamis malam, dengan presiden mengatakan bahwa ini adalah yang terbesar dalam satu abad yang melanda negara tersebut.

Survei Geologi AS melaporkan gempa tersebut berkekuatan 8,1, namun Presiden Enrique Pena Nieto mengatakan pada hari Jumat bahwa itu adalah 8.2, menjadikannya yang terbesar di Meksiko dalam 100 tahun. Dia juga mengatakan bahwa itu lebih besar dari pada tahun 1985, ketika ribuan orang terbunuh di empat negara bagian Meksiko.

Pusatnya berjarak 123km barat daya kota Pijijiapan, pada kedalaman 70km, menurut USGS.

“Itu adalah gempa berskala besar,” kata Pena Nieto. “Itu memiliki skala yang lebih besar daripada yang diketahui orang Meksiko pada tahun 1985.”

Pasien dan anggota keluarga terlihat di luar Lembaga Jaminan Sosial dan Pelayanan untuk Pekerja Negara (ISSSTE) setelah gempa tersebut [Reuters]
Jumlah korban tewas dalam gempa besar tersebut telah meningkat menjadi setidaknya lima orang, termasuk dua anak di negara bagian Tabasco.

Gubernur Tabasco Arturo Nunez mengatakan bahwa salah satu anak meninggal saat tembok roboh, dan yang lainnya adalah bayi yang meninggal di rumah sakit anak-anak yang kehilangan listrik, memotong pasokan ke ventilator bayi.

Tiga lainnya tewas di negara bagian Chiapas, di San Cristobal de las Casas.

Dia meminta orang-orang yang tinggal di dekat pantai untuk meninggalkan rumah mereka sebagai tindakan perlindungan.

Orang-orang berkumpul di sebuah jalan setelah gempa melanda Kota Meksiko [Reuters]
“Ada kerusakan rumah sakit yang sudah kehilangan energi,” katanya.

“Rumah, sekolah dan rumah sakit telah rusak.”

Pena Nieto mengatakan bahwa kerusakan serius telah terjadi dan bahwa 1 juta orang pada awalnya tidak memiliki kekuatan setelah gempa tersebut, namun listrik tersebut telah dikembalikan ke 800.000 di antaranya.

BACA JUGA  Kreasi Gapura dan Desa Unggul, Bernilai Patriotisme, Persatuan dan Kesatuan

“Rumah itu bergerak seperti permen karet dan cahaya dan internet padam untuk sementara,” kata Rodrigo Soberanes, yang tinggal di dekat San Cristobal de las Casas di Chiapas, sebuah negara bagian yang miskin dan sebagian besar populer dengan turis.

Pertahanan Sipil di Chiapas mengatakan di akun Twitter-nya bahwa personilnya berada di jalanan membantu orang-orang dan memperingatkan penduduk untuk bersiap menghadapi gempa susulan.

Gempa tersebut begitu kuat sehingga penduduk yang ketakutan di ibu kota Meksiko yang jauh meninggalkan gedung apartemen, sering mengenakan piyama, dan berkumpul berkelompok di jalan.

“Ada setengah lusin gempa berkekuatan lima dan empat gempa yang dilaporkan terjadi,” Randy Baldwin, seorang ahli geofisika dengan Pusat Informasi Gempa Bumi Geologi Survei AS, mengatakan kepada Al Jazeera.

“Ada kemungkinan bahwa gempa susulan mungkin akan berlanjut selama beberapa bulan ke depan.”

Diukur tsunami

Gelombang tsunami telah diukur dari pantai Pasifik Meksiko; Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan bahwa gelombang 1 meter di atas permukaan air laut diukur dari Salina Cruz.

Hal itu juga dirasakan di sebagian besar Guatemala, yang berbatasan dengan Chiapas.

Pejabat Meksiko memerintahkan sekolah untuk tetap tutup pada hari Jumat di 10 negara bagian, termasuk Mexico City, sehingga pejabat dapat memeriksa kerusakan struktural.

David Mercer, Al Jazeera, melaporkan dari Mexico City, mengatakan ada helikopter yang melayang di atas area yang memantau kerusakan akibat gempa tersebut.

“Tidak ada cukup laporan tentang kerusakan yang ditimbulkan namun saat cahaya hari datang, saya yakin mereka akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai informasi tersebut,” katanya.

Gelombang tsunami yang lebih kecil diamati di pantai atau diukur dengan alat pengukur laut di beberapa tempat lainnya.

BACA JUGA  Gelar Silaturrahmi di Batam, Syafrudin : Kampar Mesti Mendunia

Perkiraan pusat tersebut mengatakan bahwa Ekuador, El Salvador dan Guatemala bisa melihat gelombang setinggi satu meter atau kurang.

Tidak ada ancaman yang diajukan ke Hawaii dan Pasifik barat dan Pasifik.

Lucy Jones, seorang ahli seismologi di California yang bekerja dengan Survei Geologi AS, mengatakan bahwa gempa tersebut diharapkan terjadi.

“Di lepas pantai barat Meksiko adalah apa yang disebut zona subduksi, lempeng Pasifik bergerak di bawah semenanjung Meksiko,” katanya kepada kantor berita Associated Press.

“Ini adalah kesalahan yang sangat datar, jadi ini adalah tempat yang memiliki gempa besar yang relatif sering karena itu.”

“Mungkin ada tsunami kecil yang menuju ke barat daya, tidak akan datang dan mempengaruhi California atau Hawaii,” katanya.

“Bagi generasi tsunami, angka 8 relatif kecil.”(red/int)



Terhubung dengan kami

     


Pasang Iklan Banner klik DISINI