Dunia   -

Erdogan Mengatakan, Ada Genosida Muslim Rohingya di Myanmar

Dibaca: 213 x


Anambaspos.com – Rohingya,  Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengaku akan mengangkat isu Muslim Rohingya di Majelis Umum PBB di New York, akhir bulan ini. Berbicara saat pidato Idul Adha di Istanbul, Erdogan menuduh Pemerintah Myanmar tengah melakukan aksi genosida terhadap minoritas Muslim Rohingya.

“Ada genosida (Pembantaian besar-besaran secara sistematis terhadap satu suku bangsa atau kelompok dengan maksud memusnahkan kelompok tersebut),” kata Erdogan. “Mereka yang menutup mata terhadap genosida yang diabadikan di bawah naungan demokrasi adalah kolaboratornya.”

Terkait rencana akan membawa isu itu ke majelis umum, Erdogan mengaku telah berbicara dengan Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, dan juga pemimpin Muslim lainnya. Erdogan juga meminta pada pihak berwenang di Bangladesh untuk “membuka pintu” bagi para Muslim Rohingya untuk dapat menyelamatkan diri.

Melalui Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu, ditegaskan Turki akan menanggung biaya yang terkait dengan Muslim Rohingya selama hidup di Bangladesh.

Diketahui sudah ada 400 orang yang tewas dalam kekerasan di Rakhine, Myanmar. Kebanyakan dari mereka adalah Muslim Rohingya. Para Muslim Rohingya dibantai dan desanya dibakar oleh pasukan keamanan Myanmar.

Sebanyak 20.000 orang Rohingya pun lalu berkumpul menyelamatkan diri dan berusaha masuk ke Bangladesh, namun belakangan mereka dilarang masuk. Sementara puluhan orang Rohingya yang putus asa memilih berenang untuk menyeberangi Naf –sebuah sungai perbatasan.

Bangladesh sejauh ini mengatakan tak akan menerima kembali menampung Muslim Rohingya, karena sudah ada 400 ribu orang Muslim Rohingya yang sudah ada di negaranya.

(red/dun/roh)

 

BACA JUGA  Camat Jemaja, Abdullah Sani Tindaklanjuti Permendes untuk Cegah Pandemi Covid 19


Terhubung dengan kami

     


Pasang Iklan Banner klik DISINI