Kesepakatan Bisnis Perusahaan RI dengan Negara Eropa Timur Capai Rp44 Miliar
Suasana Terminal 3 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (12/1/2021). - Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja.

JAKARTA, Anambaspos.com – Kesepakatan bisnis yang dihasilkan antara perusahaan Indonesia dengan negara kawasan Eropa Timur mencapai US$3,1 juta atau sekitar Rp44 miliar.

Kesepakatan bisnis itu diperoleh dari forum bisnis Indonesia-Central and Eastern Europe atau INACEE Business Forum 2021 yang dilakukan secara daring. Adapun forum ini untuk pertama kalinya digelar secara daring akibat adanya pandemi Covid-19.

Duta Besar RI untuk Bulgaria Iwan Bogananta mengatakan bahwa hubungan perdagangan antara Indonesia dan negara-negara kawasan Eropa Timur terus mengalami perkembangan signifikan.

BACA JUGA  Lonjakan Pengungsi Rohingya Mencapai 270 ribu orang, Dalam 2 Pekan Ini

Berbagai penandatanganan kerja sama maupun upaya menemukan pasar baru terus dijalin untuk meningkatkan nilai perdagangan antara Indonesia dan negara-negara Eropa Timur, terutama Bulgaria.

Pada acara INACEE, terjalin penandatanganan letter of intent (LoI) kerja sama antara PT Rodamas Inti Internasional dan PICCO, Ltd Bulgaria dalam pembelian produk kelapa, khususnya tepung kelapa dan produk lainnya.

BACA JUGA  Nobel Perdamaian Aung San Suu Kyi Harus dicabut

“Penandatanganan kerja sama kedua pihak ini sangat menggembirakan. Kami optimistis tindak lanjut kesepakatan ini dapat menyumbang angka perdagangan per tahun antara US$1 juta sampai US$1,5 juta,” katanya melalui keterangan pers, seperti dilansir dari Bisnis.com, Minggu (10/10/2021).

Iwan menjelaskan bahwa INACEE Business Forum juga berlangsung penanatanganan kesepakatan antara Idea Group Bulgaria dan pengusaha mikro, kecil, dan menengah Indonesia.

“Kami senang adanya deal antara kedua pihak, terutama adanya pembelian bulu mata dan saus barbeku lokal asal Yogyakarta,” kata Iwan.

BACA JUGA  Sri Mulyani Sebut Pandemi Covid-19 Buat Dunia Akan Terus Dihadapkan Berbagai Krisis

Indonesia-Central and Eastern Europe Business Forum (INACEE) 2021 merupakan sebuah forum bisnis yang diinisiasi Direktorat Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri dengan tema Doing Business with Indonesia: Asia’s Economic Powerhouse.

Selain perusahaan Bulgaria Picco Ltd dan PT Rodamas Inti Internasional yang menghasilkan nilai transaksi US$1,5 juta atau Rp20 miliar, penandatanganan kesepakat juga terjadi antara perusahaan Ukraina SMART4B bekerja sama dengan PT Eksyar Berkah Jaya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here