Bagaimana Statistik Motor GP di Sepang

Dibaca: 171 x


sepangSepang-APSport – Tahukah Anda bahwa Valentino Rossi adalah rider tersukses dalam grand prix di Sepang? Di sisi lain, Rossi belum bisa menambah koleksi kemenangan selepas 2010 dan dalam empat musim terakhir yang dominan justru rider-rider Honda.

MotoGP Malaysia akan dilangsungkan di sirkuit Sepang pada akhir pekan ini, menjadi seri ke-17 dari total 18 balapan yang berlangsung pada musim 2016. Sepang sendiri sudah menggelar balapan tersebut sejak 1999, setelah sebelumnya balapan grand prix di Malaysia pernah dilangsungkan pada dua sirkuit lain.

Sehubungan dengan balapan di Sepang, Rossi yang kini membela Movistar Yamaha adalah peraih kemenangan terbanyak dengan enam podium teratas. Tapi dalam empat musim terakhir yang menang di sana adalah dua rider Repsol Honda; Dani Pedrosa (2012, 2013, 2015) dan Marc Marquez (2014). Dalam usahanya memastikan posisi runner-up musim ini, Rossi nicaya akan berusaha mengakhiri puasanya itu.

Berikut statistik mengenai balapan di Sepang itu seperti dirangkum MotoGP.com

– Balapan grand prix pertama di Malaysia dilangsungkan pada 1991 dan sejak itu rutin berlangsung setiap tahunnya, dengan tiga sirkuit berbeda digunakan; Shah Alam, Johor, dan Sepang.

– Grand prix pertama di Malaysia dilangsungkan di sirkuit Shah Alam pada 1991, dengan John Kocinski meraih kemenangan debut di kelas primer ketika menunggangi Yamaha. Rider-rider Italia mendominasi kelas-kelas di bawahnya dengan Luca Cadalora (Honda) memenangi balapan di 250cc dan Loris Capirossi (Honda) di kelas 125cc.

– Sirkuit Shah Alam melangsungkan gelaran tersebut selama tujuh tahun sebelum grand prix Malaysia ke Johor untuk satu musim pada 1998. Balapan grand prix Malaysia pertama yang dihelat di Sepang adalah pada 1999 dan ini akan menjadi kali ke-18 Sepang menghajat balapan tersebut.

BACA JUGA  Dua Tahun Kepemimpinan Ansar-Marlin, Dukungan Masyarakat Sebagai Motivasi Menjadikan Kepri Lebih Bermartabat

– Honda sudah mencatatkan lima kemenangan di sirkuit Sepang pada era MotoGP, termasuk dalam empat musim terakhir; tiga kemenangan buat Dani Pedrosa (Repsol Honda) dan satu untuk Marc Marquez yang merupakan rekan setimnya.

– Yamaha juga punya lima kemenangan MotoGP di Sepang, yang terakhir adalah lewat Valentino Rossi (Movistar Yamaha) pada 2010, juga menjadi kali terakhir seorang rider yang bukan berasal dari Spanyol memenangi balapan kelas primer di Sepang.

– Ducati sudah menyabet tiga kemenangan MotoGP di Sepang, kali terakhir pada 2009 bersama Casey Stoner. Sejak kemenangan Stoner pada 2009, pencapaian terbaik Ducati di Sepang adalah finis keempat–pada 2012 dengan Nicky Hayden.

– Hasil terbaik Suzuki di Sepang pada era MotoGP adalah finis kelima pada 2010 dengan Alvaro Bautista.

– Rider tersukses di sirkuit Sepang adalah Valentino Rossi dengan enam kemenangan grand prix (1x500cc, 5xMotoGP). Rider tersukses berikutnya, dengan lima kemenangan, adalah Dani Pedrosa (1x125cc, 1x250cc, 3xMotoGP).

– Sepang merupakan satu dari lima sirkuit tempat Jorge Lorenzo (Movistar Yamaha) belum meraih satu kemenangan pun di MotoGP; empat lainnya adalah Sachsenring, Red Bull Ring, Termas de Rio Hondo, dan Circuit of the Americas. (AP/Red/BS)

Sumber : sport.detik.com



Terhubung dengan kami

     


Pasang Iklan Banner klik DISINI