Gelar Pesona Seni dan Budaya Melayu Berlangsung Memukau

Dibaca: 73 x


"Gelar" pesona seni dan budaya melayu Anambas di gedung Balai Pertemuan Masyarakat Siantan (BPMS) memukau para pengunjung. (Foto: Humas Pemkab Anambas/ Red AP)
“Gelar” pesona seni dan budaya melayu Anambas di gedung Balai Pertemuan Masyarakat Siantan (BPMS) memukau para pengunjung. (Foto: Humas Pemkab Anambas/ Red AP)

ANAMBASPOST.COM, SIANTAN – “Gelar” Pesona Seni dan Budaya Melayu Anambas yang ditaja oleh Komunitas Kesenian Pulau Tu7uh dan Sanggar Kesenian Tuah Sakti terbilang sukses. Even budaya yang dilangsungkan di Gedung BPMS Senin, (22/12) tersebut bekerjasama dengan Premeir Oil salahsatu perusahaan minyak yang ada di Anambas.

“Gelar Pesona Seni dan Budaya Melayu ini bertujuan untuk meapresiasi para pelaku seni di Anambas, khususnya seniman tradisional,” kata Reci Kardiman, selaku Ketua Penyelenggara dalam pidato laporannya.

Menurut Reci, khazanah seni dan budaya asli daerah, tidak boleh dihilangkan. Karnanya mesti ada upaya nyata pelestariannya. ” Even ini sebagai langkah awal kita secara nyata melestarikan budaya asli Anambas,” terang mahasiswa pasca sarjana (S2) IKJ putra asli Anambas itu.

Manajemen Premier Oil menyampaikan bahwa, pihaknya konsen dengan upaya-upaya pelestatian budaya daerah Anambas. ” Sejak awal keberadaan kami di tengah masyarakat Anambas, selalu nrmberikan dorongan dan kepedulian terhadap budaya Melayu,” tutur Umar Khatab selaku Manajemen Premier Oil.

Sementara Penjabat Bupati Anambas, Eko Sumbaryadi menyambut baik acara budaya tersebut. Pemkab Anambas akan memberikan dukungan secara maksinal terhadap upaya pelestatian budaya daerah.

” Pemkab Anambas menyambut baik dan memberikan dukungan maksimal ke depannya dalam upaya pelestarian seni dan budaya di Anambas,” ucap Eko.

Disela-sela acara, Ketua Sanggar Tuah Sakti Anambas, Aswar Abdullah menyebutkan bahwa sudah selayaknya diberikan kepedulian yang serius terhadap nasib seni dan budaya Melayu di Anambas.

“Sebelum terlalu jauh tergerus oleh perkembangan, selayaknya para pihak terkait, berperan aktiv berkontribusi untuk pelestarian seni dan budaya Melayu di Anambas,” pinta Aswar.

BACA JUGA  Jalin Sinergitas, KapolAirud dan Personil ikut Kegiatan Laut Bersih Lanal Tarempa.

Helat seni dan budaya itu, berlangsung memukau. Sejumlah seniman tradisi lokal tampil mengisi acara. Diantaranya pertunjukan seni tari, seni silat, zapin, gendang Siantan, redat, lagu melayu, joget, dan puisi Ibarahim Sattah.

 

Redaksi Anambas Pos

 

Berikut rangkaian foto-foto kegiatan Gelar Pesona Seni dan Budaya Melayu Anambas tahun 2015 :

 

Foto bersama
Foto bersama dalam acara “Gelar” pesona seni dan budaya melayu Kabupaten Kepulauan Anambas tahun  2015. (Foto: Humas Pemkab Anambas/Red AP)

 

Ketua
Pemberian Cenderamata oleh Ketua Sanggar Tuah Sakti Anambas.
Pembacaan puisi
Pembacaan puisi dalam acara “Gelar” pesona seni dan budaya melayu Anambas.
Pemberian cenderamata
Pemberian Cinderamata dari Penjabat Bupati Anambas kepada Maestro Anambas, Aki Manaf.
Tamu undangan
Para tamu undangan yang hadir dalam “Gelar” pesona seni dan budaya melayu Anambas.


Terhubung dengan kami

     


pasang iklan banner