Partisipasi Pemilih Pilkada Anambas Tak Mencapai Target

Dibaca: 66 x


Ilustrasi. (Net/Google/Red AP)
Ilustrasi. (Net/Google/Red AP)

ANAMBASPOST.COM, ANAMBAS, Siantan – Partisipasi pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Anambas tak mencapai target. Komisioner KPU Anambas Bidang Divisi sosialisasi, pendidikan pemilih dan hubungan, M. Sani Abdullah   mengatakan, partisipasi pemilih pada pelaksanaan Pilkada kemarin hanya mencapai 70 persen turun dari tahun 2010 lalu yang mencapai 80 persen. 

Sani menjelaskan, terdapat beberapa faktor yang membuat partisipasi pemilih mencapai 70 persen saat Pilkada 9 Desember 2015 kemarin. Salahsatunya penduduk yang mempunyai hak pilih, namun tidak menggunakannya.
“Ada beberapa faktor. Seperti penduduk yang berangkat keluar Anambas, termasuk putra putri Anambas yang tengah menempuh pendidikan di luar Anambas. Untuk anak sekolah lebih kurang ada sekitar tiga ribu,” ujarnya Selasa (15/12/2015).
Namun demikian Sani mengakui telah berupaya optimal salahsatunya dengan melakukan sosialisasi ke tiga pulau besar untuk meningkatkan partisipasi pemilih. ‎Ketua KPU Anambas Syukrillah sebelumnya optimis angka partisipasi pemilih pada Pilkada 9 Desember diatas 80 persen.
Sebelumnya Syukrillah menyebutkan, hal tersebut kembali lagi kepada masyarakat yang memiliki hak pilih. ‎Upaya untuk meningkatkan partisipasi pemilih menurutnya telah dilakukan tidak hanya dari penyelenggara, namun juga dengan dukungan pihak terkait, termasuk pasangan calon yang maju pada Pilkada. (Sal)
BACA JUGA  Yayasan Budhi Tzu Chi Cabang Tanjungpinang Serahkan Bantuan 300 Alat Rapid Test Ke Gugus Tugas Covid-19.


Terhubung dengan kami

     


pasang iklan banner