Uji Coba KMN. Mina Maritim, Pj Bupati Anambas Ikut “Fishing Trial”

Dibaca: 13 x


Pejabat Bupati Anambas, Eko Sumbaryadi baru ini meninjau kapal bantuan dari KKP, KMN. Mina Maritim 166. (Foto: Ist/ Red AP)
Pejabat Bupati Anambas, Eko Sumbaryadi baru ini meninjau kapal bantuan dari KKP, KMN. Mina Maritim 166. (Foto: Ist/ Red AP)

ANAMBASPOST.COM, ANAMBAS, Siantan – KMN.  Mina Maritim 166 melakukan uji coba perdananya. Kapal tangkap bantuan dari KKP tersebut melakukan  Fhising Trial (penangkapan ikan-red) di seputar perairan Anambas tepatnya di daerah Lingai, Anambas, Kepri.

Tak tanggung-tanggung, Penjabat Bupati Anambas, Eko Sumbaryadi ikut dalam fishing trial tersebut. Dirinya beserta rombongan ikut dengan Kelompok Usaha Bersama (Kube) nelayan Selayang, Desa Tanjung, Kecamatan Siantan untuk menangkap ikan dilaut. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Anambas, Yunizar.

“Ya, kita (Rombongan pemancing-red) bersama kelompok nelayan Selayang sekitar 6 orang berangkat melaut . Kalau tak salah, sekitar pukul 09:30  WIB usai tepung tawar kapal tersebut dipelabuhan UPT DKP Anambas kemarin, Sabtu (12/12),” ungkap Yuni sapaan akrab Kadis KP ini, Minggu (13/12/2015).

Tepung tawar KMN. Mina Maritim 166 sebelum uji coba fhising trial. (Foto: Ist/ Red AP)
Tepung tawar KMN. Mina Maritim 166 sebelum melakukan uji coba fhising trial. (Foto: Ist/ Red AP)

 

Dirinya juga menjelaskan, Untuk alat tangkap yang digunakan oleh KMN. Mina Maritim ini menggunakan rawai dan pancing ulur.

“Ini permintaan nelayan juga. Sebelumnya KMN. Mina Maritim ini sudah difasilitasi dengan alat pancing yang  menggunakan jaring. Mengingat di Anambas alat jaring tidak boleh dipergunakan, pihak kita sepakat menggunakan alat pancing rawai dan pancing ulur,” bebernya.

Seperti diketahui, KMN. Mina Maritim 166 ini merupakan bantuan dari KKP yang diberikan kepada KUBe nelayan Selayang, Desa Tanjung, Kecamatan Siantan dan diserah terimakan melalui Penjabat Bupati Anambas, Eko Sumbaryadi.

Kapal tangkap yang berbahan fiber tersebut berkapsitas sebesar 51 Gross Ton (GT) dengan panjang mencapai 21 meter, lebar 4,75 meter, tinggi deck 1,7 meter, serta dengan kekuatan mesin utama 180 HP. Kapal tangkap ini dapat melaju dengan kecepatan 8 hingga 10 knot. Kapal juga dilengkapi dengan alat navigasi yang lengkap seperti radio dan sebagainya. (Sal)

BACA JUGA  Hasil Jualan Lumayan, Pedagang Es Doger di Karimun, Sambut Gembira Hari Raya Idul Fitri 1443 H.
Safety Plane yang ada di KMN. Mina Maritim 166
Safety Plan yang ada di KMN. Mina Maritim 166. (Foto: Ist/ Red AP)


Terhubung dengan kami

     


pasang iklan banner