Agar Bandara Letung Segera Diresmikan, Pemda Anambas Surati Presiden

Dibaca: 56 x


Anambaspos.com, TAREMPA – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas telah menyampaikan surat permohonan Kepada Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo agar dapat segera meresmikan Bandara Letung. Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Dinas Perhubungan dan Lingkunagn Hidup (DPLH)  Kepulauan Anambas, Zulkarnaen, SH seperti ditulis sejumlah media di Anambas belum lama ini.

Zul mengatakan, bahwa dalam surat bernomor 488/Kdh.KKA/08.17. itu,  selain permohonan peresmian Bandara Letung, Pemkab Anambas juga berencana akan mensejalankan dengan kegiatan Peresmian beroperasinya Pelabuhan Roro di Kecamatan Palmatak, serta Helatan Festival Padang Melang (FPM).

Bandara Letung,kini dalam kondisi siap diresmikan.

“Dalam surat yang disampaikan kepada pak Presiden itu, diantaranya isinya kita meminta beliau untuk datang ke Anambas. Agendanya yaitu, pertama meresmikan Bandara Letung, kedua meresmikan Pelabuhan Roro di Palmatak, dan yang ketiga, Membuka FPM sebagai hajat besar Pemda KKA,” kata Zul Minggu, Selasa (7/11).

Lebih jauh Zul menyebutkan, dimana untuk pembangunan bandara, saat ini  sudah rampung sepanjang 1.430 meter.Selain itu, fasilitas penunjang lain juga telah terpenuhi. Bahkan menurutnya, saat ini Pesawat Perintis Susi Air sudah mendarat di Bandara Letung tersebut.

“Alhamdulillah Bandara Letung sudah dalam kondisi siap untuk diresmikan. Mudah-mudahan Pak  Jokowi,  bersedia turun dan datang ke Anambas. Pada bulan Mei 2018 mendarang,” harapnya.

Zul pun menambahkan, bahwa Bandara Letung  tersebut  dibangun melalui anggaran Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan APBD Kabupaten Kepulauan Anamnas (KKA). Hadirnya bandara yang berlokasi di Desa Bukit Padi Kecamatan Jemaja Timur itu, diharapkan mampu membuka akses trasportasi.

Memang imbuhnya, saat ini untuk sarana transportasi sudah terbuka lebar.  Pesawat Express Air telah beroperasi setiap hari melalui Bandara Khusus Matak. Fery juga sesuai jadwal, ditambah pula kapal Pelni yang juga sesuai jadwal terus beroperasi.

BACA JUGA  Program Pembibitan Pohon Kepayang, Inovasi Baru Trobosan Kades Kuala Maras

“Hadirnya Bandara Letung Membuat akses transportasi untuk mendukung pariwisata semakin baik.” ujarnya.

Terpisah Kasatpel Bandara Letung Ariadi Widyawan juga membenarkan hal itu.Memang Bandara Letung telah beroperasi namun diharapkan peresmiannya langsung dilakukan oleh Presiden RI. Ariadi pula menyatakan,  Pemda KKA juga diminta untuk segera menghibahkan Bandara Letung ke Pemerintah Pusat.

“Saya sudah bertemu Pak Bupati dan menyampaikan agar segera menghibahkan Bandara Letung  ke Pusat, dan respon beliau sangat baik,” tukasnya.

Sebelumnya Kajari Natuna,  Juli Isnur, SH.MH saat meninjau Bandara Letung  ketika mendengarkan laporan Kasatpel Bandara, mengaku siap membantu dalam proses hibah bandara tersebut. “Kasidatun nanti bantu proses hibah Bandara Letung,” katanya menagarahkan kepada bawahannya ketika itu. (hK/net/ap)



Terhubung dengan kami

     


pasang iklan banner