Tahun Depan Penerbangan ke Natuna Bakal Ramai

Dibaca: 11 x


Salahsatu maskapai penerbangan yang melayani Natuna
Salahsatu maskapai yang melayani jalur penerbangan ke Natuna. (Foto: Net/ Red AP)

ANAMBASPOST.COM, NATUNA – Tahun depan di prediksikan jalur penerbangan komersil dari dan menuju Natuna meningkat. Pasalnya, selain Lion Air Groups, lewat anak perusahaan mereka Wings Air dan Sriwijaya Air, ada juga maskapai lainnya seperti Garuda Indonesia dan Susi Air yang dikabarkan bakal meramaikan penerbangan ke Natuna.

Kepala Bidang Perhubungan Udara, Dishubkominfo Kabupaten Natuna, Sapta Nugraha mengatakan, jika enclave sipil dioperasikan 2016 nanti, besar kemungkinan beberapa maskapai akan lebih nyaman dalam mengurus administrasi bisnis penerbangan.

“Iya kalau ada Unit Pelayanan Kebandaraan di sini yang dikelola Dirjen Perhubungan Udara beberapa pengajuan izin bisa langsung ke administrator pelayanan kebandaraan di enclave sipil,” kata Sapta, Jumat (13/11/2015) kemarin saat dikutip dari halaman Batamnews.

Sapta menambahkan, Lion Air Group melalui maskapai Wings Air berencana meningkatkan intensitas penerbangan daily (tiap hari), kecuali Sabtu dan Minggu dengan dua kali penerbangan dalam sehari. Selain itu Garuda Indonesia sudah meminta data kompetitor ke Dishubkominfo untuk menganalisa prospek pengembangan bisnisnya untuk melebarkan sayap ke Natuna.

“Kalau Garuda terakhir meminta data kompetitor ke kami. Mereka mengincar jalur Tanjungpinang-Natuna dan sebaliknya. Kemungkinan kalau untuk bandara kita di Ranai, mereka bisa masukkan pesawat jet jenis bombardier,” sebut Sapta.

Sementara Susi Air, sebelumnya cukup progresif untuk membuka penerbangan Tanjungpinang-Matak-Ranai dan sebaliknya, menggunakan pesawat kecil jenis Donier. “Kalau Susi Air terakhir mereka mengajukan security clearence ke Koops 1 TNI AU, cuma sepertinya masih belum keluar,” kata Sapta lagi.

Seperti diketahui, selama ini, penerbangan komersil di Natuna dilayani Maskapai Wings Air dengan pesawat ATR 72-500 menerbangi Natuna penerbangan empat kali seminggu. Satu lagi pesawat yang terbang ke Natuna adalah Sriwijaya Air dengan Boeing 737-500 dan 737 – 300, 3 kali seminggu. (Fox/ Red AP)

BACA JUGA  KPU Bintan Diperiksa BPK, Sampai Audit Anggaran, Ada apa?

 

Sumber: Batamnews.co.id



Terhubung dengan kami

     


pasang iklan banner