Pemdes Tarempa Selatan Salurkan Bantuan Program Ketahanan Pangan

Dibaca: 493 x

Kades Tarempa Selatan saat melaksanakan program ketahanan pangan dengan meyalurkan bantuan bibit tanaman sayuran secara simbolis kepada Poktan wanita Kreatif Mandiri
Editor • Slamet   

TAREMPA SELATAN, SIANTAN, AnambasPos.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Tarempa Selatan, salurkan batuan bibit sayuran kepada tiga puluh lima Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang berprofesi sebagai petani di wilayah desa tersebut.

Penyerahan bantuan yang berlangsung tepat di Gedung Balai Desa ketika itu juga dihadiri pihak Kecamatan Siantan, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) serta Ketua RT dan RW Desa Tarempa Selatan.

“Semoga ini bisa membantu dan dapat meringankan beban para petani yang berada di desa kita ini”, kata Kepala Desa (Kades) Tarempa Selatan, Suryanto saat berkesempatan menyampaikan kata sambutan dalam kegiatan itu, Jum’at (13/05/2022).

Bantuan bibit sayuran yang berpedomankan dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 104 Tahun 2021 dimana pada pasal 5 (lima) Ayat 4 (empat) huruf b, tertuang program ketahanan pangan dan hewani yang harus direalisasikan kepada petani maupun nelayan dengan anggaran paling sedikit 20% dari Dana  Desa (DD) Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) yang diselenggarakan ketika itu adalah, salah satu bagian yang telah di rencanakan dalam kerangka kerja Desa Tarempa Selatan.

Suryanto dengan didampingi Kasi PMD Kecamatan Siantan dan Ketua BPD ketika menyampaikan sambutan sebelum penyaluran bantuan dilaksanakan.

“Dalam Program Ketahanan Pangan ini, kami sebenarnya lebih terfokus kepada petani budidaya ikan air tawar jenis Lele, semua telah dipersiapkan dan akan kami realisasikan dalam waktu dekat”, sambung Suryanto ketika ditemui AnambasPos.com setelah kegiatan penyaluran bantuan bibit tanaman sayuran tersebut selesai.

Dengan tidak menepikan para petani yang terdapat di desa tersebut, Suryanto juga membantu para petani yang ada dengan memberikan beberapa jenis bibit tanaman sayuran.

“Ada bibit sayur Bayam Putih dan Merah, Selada, Kangkung dan juga Sayur Buah Ketimun”, ungkap Suryanto.

BACA JUGA  Tim Saber Kelurahan Tarempa Terus Beraksi

Penyaluran bantuan itu juga di berikan kepada salah satu Kelompok tani (Poktan) Wanita yang terdapat di desa tersebut, dengan bersemangat, mereka juga mengucapkan terimakasih kepada pihak Pemdes Tarempa Selatan karena telah memperhatikan dan mengakui keberadaan mereka.

“Saya jadi bersemangat dengan adanya perhatian dari Pemdes dengan membatu kami Poktan Wanita Desa Tarempa Selatan. Akhir pekan ini saya akan segera melaksanakan rapat bersama 20 orang anggota saya, untuk membahas terkait kegiatan kami dalam bercocok tanam”, ucap Rusmiyanti yang diketahui sebagai Ketua Poktan Wanita Keratif Mandiri.

Sementara itu, pihak Kecamatan Siantan melalui Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa (Kasi PMD), Eva Susiani menyampaikan apresiasi kepada Pemdes Tarempa selatan yang telah menjalankan program ketahanan pangan dengan meyalurkan bantuan kepada para petani di desa itu.

“Apresiasi tinggi kami sampaikan kepada Pemdes khususnya Kades Tarempa Selatan yang telah menjalankan program ini dengan baik. Semoga para penerima manfaat dapat menggunakan bantuan tersebut dengan baik”, tutur Eva

 



Terhubung dengan kami

     


pasang iklan banner