Pegawai Kantor Imigrasi Kelas II Tarempa, Dapat Tambahan Ilmu Antisipasi Kebakaran

Dibaca: 484 x


SIANTAN, AnambasPos.com – Kepala Kantor Imigrasi, Ispaisah. SH, MH, bersama Pegawai dan juga  Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) pada Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tarempa, melaksanakan Kegiatan Simulasi Antisipasi Kebakaran, Rabu (11/05/2022).

Kegiatan yang berlangsung tepat di Lapangan Sulaiman Abdullah Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan ketika itu, juga melibatkan pihak Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA).

Adapun maksud dan tujuan diselenggarakan kegiatan simulasi kebakaran tersebut, dalam rangka untuk mendapatkan pengetahuan tentang pengendalian maupun resiko jika adanya kejadian atau kebakaran pada Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tarempa..

Pihak Damkar Anambas saat memberikan pemahaman terkait penggunaan alat pemadam api dalamkegiatan Simulasi Antisipasi Kebakaran oleh Imigrasi KelasII Tarempa

Sebelum melaksanakan simulasi, Kepala Bidang (Kabid) Pemadam Kebakaran Kepulauan Anambas, Agus Supratman, yang dihadirkan untuk memberikan bimbingan penanggulangan kebakaran ringan, terlebih dahulu memberikan pembekalan, tentang tata cara maupun teknik penggunaan alat pemadam api ringan.

Dirinya juga menyampaikan langkah-langkah awal yang harus dilakukan jika adanya musibah kebakaran yang terjadi di dalam gedung atau pada satu titik lokasi.

“Tenang, jangan gegabah, dan tidak perlu tergesa-gesa, adalah langkah utama yang harus kita atur untuk membaca situasi sekitar”, kata Agus Supratman saat memberikan materi menghadapi api.

Dirinya juga menyebutkan, mencari atau mengetahui jalur evakuasi terdekat juga merupakan tindakan penting saat mendapatkan musibah.

“Apabila terjadi kebakaran di dalam bangunan dan sifat udaranya terbatas, kita jangan terlalu panik karena api itu temponya 15 menit baru menghancurkan dan menggunakan udara dari luar”, sambung Agus Supratman.

Untuk mendapatkan pembekalan lebih lanjut, Seluruh Pegawai dan PPNPN Kantor Imigrasi Kelas II Tarempa, mengikuti pelatihan atau praktek lansung dari pihak Satpol PP Bidang Pemadam Kebakaran, tentang cara menggunakan alat pemadam api Dry Chemical Powder / Serbuk Kimia  yang dilaksanakan di luar ruangan, tepatnya di Lapangan Sulaiman Abdullah.

BACA JUGA  Karang Taruna Tuah Murpi Desa Piasan Berpartisifasi Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Tentunya, pelatihan penggunaan alat pemadam api ringan dalam kegiatan simulasi anti kebakaran tersebut dengan arahan dan instuksi tata cara penggunaan alat oleh Kabid Damkar, Agus Supratman dan Adi Wahyudi Hutagaol.

Foto bersama dalam kegiatan simulasi antisipasi kebakaran

“Penggunaan jenis alat pemadam api ini dikarenakan lebih tepat untuk digunakan diluar ruangan, sementara penggunaan alat pemadam api CO2 / Carbon Dioxide untuk digunakan di dalam ruangan, seperti gedung bangunan”, tambah Agus Spratman.

Selain pelatihan menggunakan alat pemadam api Dry Chemical Powder, selanjutnya pegawai Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tarempa juga melakukan latihan menggunakan kain basah untuk memadamkan api.

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Tarempa, mengucapkan terima kasih kepada pihak Satpol PP Anambas yang telah ikut teribat dalam kegiatan Simulasi Kebakaran ringan dengan memberikan bimbingan teknik terkait penggunaan alat pemadam kebakaran dan juga langkah awal menghadapi musibah kebakaran

“Kami berterimakasih kepada Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran yang telah bersedia memberikan pelatihannya kepada kami, tentunya pelatihan ini akan bermanfaat bagi kami untuk mengantisipasi terjadi kebakaran pada kantor kami.” ucap Ispaisah.



Terhubung dengan kami

     


pasang iklan banner