Gempa Bumi 6,2 SR menguncang 80 Km Timur Laut Kep. Mentawai – Sumbar

Dibaca: 60 x


Anambaspos.com Mentawai, Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), titik gempa berada di pada 1,30 Lintang Selatan dan 99,66 Bujur Timur, dengan kedalaman 10 kilometer di bawah laut.

Pusat gempa yang tepatnya berada di 80 kilometer timur laut Kepulauan Mentawai ini, menurut BMKG, tidak berpotensi tsunami.

Kondisi gempa yang terjadi di Kepulauan Mentawa Terasa sampai ke daerah Padang Panjang. Besarnya kekuatan gempa menjadi kehawatiran bagi penduduk sumatera barat terutama yang tinggal di pesisir pantai padang. Hingga berita ini diturunkan masih belum diketahui seberapa besar kerusakan dan korban jiwa yang diakibatkan oleh Gempa bumi 6,2 SR tersebut.

Lokasi yang Dirasakan: V Padang, IV Bukit Tinggi, I-II Kepahiang, II-III Muko-Muko, II-III Bengkulu Utara, IV Padang Panjang, II-III Tanah Datar, II-III Solok, V Kep.Mentawai, V Pariaman, V Painan, sumber data statistik BMKG

Gempa bumi terjadi pada 01-09-2017 00:06:54 WIB, BMKG mengingatkan, sesudah terjadi gempa bumi masyarakat diminta untuk:

  1. Jika Anda berada di dalam bangunanKeluar dari bangunan tersebut dengan tertib.Jangan menggunakan tangga berjalan atau lift, gunakan tangga biasa.
  2. Periksa apa ada yang terluka, lakukan P3K.
  3. Telepon atau mintalah pertolongan apabila terjadi luka parah pada Anda atau sekitar Anda.
  4. Periksa apabila terjadi kebakaran.Periksa apabila terjadi kebocoran gas.
  5. Periksa apabila terjadi arus pendek. Periksa aliran dan pipa air.
  6. Periksa segala hal yang dapat membahayakan (mematikan listrik, tidak menyalakan api dll).
  7. Jangan masuk ke dalam bangunan yang sudah rusak terkena gempa, karena kemungkinan sewaktu-waktu dapat runtuh akibat gempa susulan.
  8. Jangan mendekati bangunan yang sudah rusak terkena gempa, karena kemungkinan sewaktu-waktu dapat runtuh akibat gempa susulan.
  9. Menyimak informasi mengenai gempa susulan dari media cetak maupun media elektronik.
  10. Mengisi angket yang diberikan oleh instansi terkait untuk mengetahui seberapa besar kerusakan yang terjadi.
BACA JUGA  20 Perusahaan Ajukan Eksplorasi Tambang Pasir Laut

(red/hn)



Terhubung dengan kami

     


pasang iklan banner