FTBM Anambas Telah Terbentuk

Dibaca: 163 x

Pengurus FTBM Anambas foto bersama (Foto : Junaidi)

Penulis : JN / Editor : Slamet

SIANTAN SELATAN, AnambasPos.com – Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Riau (Prov-Kepri) Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, dibawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) membentuk organisasi Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Kabupaten Kepulauan Anambas KKA di Desa Tiangau, Kecamatan Siantan Selatan, Selasa (08/03/2022).

Pembentukan susunan pengurus FTBM KKA yang di gelar secara muayawrah ketika itu berhasil memilih secara aklamasi susunan Ketua, Sekretari dan Bendahara.

Pada kesempatan yang berlangsung, Hedtiandri, S.H., M.H ditunjuk sebagai Ketua FTBM, posisi Sekretaris diamanahkan kepada Hettiandra, S.Sos,M.IP, sedangkan Bendahara dipercayakan kepada Azizah S.Pd. I untuk bekerjasama dengan 10 anggota pengurus lainya.

Pengkaji Kebahasaan dan Kesastraan, Kelompok Kepakaran dan Layanan Profesional (KKLP) Literasi Kantor Bahasa Provinsi Kepri, Teguh Madia Tarigan menyampaikan, adapun tujuan pembentukan FTBM adalah untuk mewadahi Taman Bacaan Masyarakat yang ada di Kabupaten/Kota serta adanya wadah untuk saling bertukar pikir, juga forum dalam membantu perkembangan TBM di daerah.

Saat musyawarah pembentukan FPTB Anambas

“FTBM ini wadahnya para generasi sadar Literasi, yang mana dengan adanya organisasi seperti ini bisa menjadi ajang untuk saling mengembangkan TBM demi kepentingan masyarakat dan penerus bangsa,” sampai Teguh.

Dikesempatan yang sama, Hedtiandri selaku Ketua FTBM juga mengatakan, Forum yang di buat ini merupakan langkah dalam mewujudkan semangat mengembangkan kebiasaan dan minat membaca masyarakat maupun anak-anak, sehingga bisa menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) maju karena peduli Literasi.

“Organisasi ini tercipta tidak lepas dari kepedulian Pemerintah akan dunia Pendidikan, sehingga dengan adanya Forum ini diharapkan bisa meningkatkan minat dan kebiasaan seluruh kalangan masyarakat,” kata Hedtiandri.

Ia lanjut menjelaskan, untuk di Kepri sendiri Kabupaten yang belum ada FTBM tinggal Kabupaten Kepulauan Anambas sendiri, jadi ini merupakan pelengkap dorongan mewujudkan dorongan di dunia pendidikan.

BACA JUGA  Kafilah dari 4 Kabupaten Kota Telah Bertolak Tinggalkan Anambas

“Jadi di Kepri sendiri yang belum membentuk FTBM cuma Anambas, selainnya sudah memiliki, sehingga saat inilah momen yang pas untuk mendukung Pemerintah Daerah dalam memajukan SDM masyarakat Anambas,” ungkapnya.

Hedtiandri berharap, agar pengurus dapat saling bekerjasama dalam pemantapan rencana pengembangan TBM, karena pada dasarnya FTBM menaungi TBM untuk dapat terus berkontribusi dalam kemajuan minat dan budaya membaca masyarakat.



Terhubung dengan kami

     


Pasang Iklan Banner klik DISINI