Berita   -

40 Sapi Qurban Pemkab Anambas, Pasokan Lokal dari Letung dan Rintis

Dibaca: 280 x


TAREMPA, anambaspos.com  – 40 ekor sapi akan diqurbankan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) pada hari Raya Idul Adha 1438 H / 2017 M tahun ini . Sapi tersebut kini telah berada  di lokasi pemotongan hewan qurban pada tiap -tiap pulau  di  Kecamatan. Dari 40 ekor sapi itu, sebanyak  14 ekor untuk Kecamatan Jemaja dan  26 ekor untuk Kecamatan Siantan dan Palmatak.

Sapi qurban Pemkab Anambas saat dibawa ke lokasi pemotongan di pulau-pulau

Seperti diketahui Kegiatan qurban sempat dua tahun vakum yakni 2015 dan 2016. Kegiatan  qurban Pemkab Anambas terakhir  dilakukan pada tahun 2014.

“Untuk penyerahannya akan dilakukan simbolis besok (satu hari yang lalu-red) (29/8),” demikian disampaikan Sahtiar, SH, MM Sekertaris Daerah (Sekda) KKA, Senin (28/8) kemarin kepada sejumlah awak media di Anambas.

Total 40 ekor sapi tersebut kata Sahtiar,  merupakan sapi yang dikumpulkan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada. Dan saat ini telah dibagikan ke Masjid yang ada di seluruh kecamatan di Anambas. Namun untuk qurban dari pribadi tidak  termasuk.

Sahtiar juga memastikan jika sapi qurban pada tahun ini berasal dari sapi lokal yakni dari Letung dan Rintis. “Untuk qurban kita tidak membeli dari luar karena perternak lokal sudah mampu memenuhi kebutuhan hewan qurban,” bebernya.

Begitu pula dengan kesehatannya, terang Sahtiar, kondisi sapi-sapi tersebut dalam keadaan sehat, karena bagian Kesra Pemkab Anambas telah  melaksanakan pengecekan. Sahtiar menyampaikan pada tahun 2017 ini Bupati Kepulauan Anambas  akan melaksanakan Hari Raya Qurban di Kecamatan Jemaja.

“Sholat Id nanti dilaksanakan di Masjid Al-Qautsar Letung, kemudian melaksanakan pemotongan herwan qurban di sana. Begitu pula dengan Kepala OPD, usai pemotongan hewan qurban maka akan dilanjutkan dengan acara silahturahmi dan open house di Kecamatan Jemaja Timur. Pada  tahun 2018 mendatang, Insya-Allah, Hari Raya Idul Adha akan dilaksanakan di Kecamatan Palmatak, sebutnya.

BACA JUGA  Mars Korpri Diperlombakan, Sahtiar: Lirik Lagu itu Sudah Banyak yang Lupa

Pemerintah daerah sambung Sahtiar, telah mengambil sikap bahwa Kepala OPD mesti merayakan hari Raya Idul Adha bersama di Anambas, kecualia mereka yang berhalangan seperti sakit. Sedangkan untuk Hari Raya Idul Fitri akan diberikan kelonggaran untuk merayakannya masing-masing,” imbuhnya



Terhubung dengan kami

     


pasang iklan banner