Komandan Pangkalan Angkatan Laut di Tarempa, Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, S.E., M.Tr.Opsla, saat menandatangani prastati tanda diresmikanya Desa Batu Belah sebagai Kampung Nusantara Bahari

Editor : Slamet

BATU BELAH, AnambasPos.com – Dalam rangka program Karya Bakti TNI Angkatan Laut Tahun Anggaran 2021 yang merupakan salah satu dari sekian banyak program kerja Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., direalisasikan oleh Danlanal Tarempa Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, S.E., M.Tr. Opsla, dengan memilih Desa Batu Belah sebagai Desa Binaan Lanal Tarempa dan resmi sebagai Kampung Bahari Nusantara (KBN) ditandai dengan Penandatanganan Prasasti gapura dan pengguntingan pita oleh Danlanal Tarempa bersama Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas.

Kampung Bahari Nusantara adalah merupakan Program kerja TNI AL yang dalam pelaksanaan masuk dalam pengawasan Dispotmaral (Dinas Potensi Maritim TNI AL) melalui Staf Potensi Maritim Lanal Tarempa dalam bidang Pembinaan Potensi Maritim (Binpotmar) melalui Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar) yang tersebar disetiap desa Pesisir wilayah kerja Lanal Tarempa.

Danlanal Tarempa bersama Bupati Kepulauan Anambas (baju kurung merah jambu) dan Wakil Ketua I DPRD Anambas (kiri) serta Kades Batu Belah (kanan) ketika melakukan prosesi potong pita dalam rangka peresmian Kampung Nusantara Bahari

Terpilihnya Desa Batu Belah sebagai desa binaan TNI AL khususnya Lanal Tarempa, sudah melalui mekanisme survey kesesuaian sebagai Kampung Bahari Nusantara (KBN).

KBN desa Batu belah adalah sebuah desa yang berada di sebuah pulau kecil bernama Batu Belah, secara asministratif dibawah pemerintahan kecamatan Siantan Timur kabupaten Kepulauan Anambas. mayoritas penduduk bermata pencaharian sebagai Nelayan dan bermukim di sepanjang bantaran pantai dan pesisir, dengan demikian maka segala aspek yang termasuk dalam kriteria sebagai desa binaan dan disebut sebagai Kampung Bahari Nusantara sudah sangatlah tepat.

Dengan terpilihnya desa Batu Belah sebagai desa binaan, Lanal Tarempa memulai kegiatan dengan melaksanakan Karya bakti berupa pemugaran fasilitas umum, renovasi dan meningkatkan fasilitas Rumah Pintar, pembuatan Kerambah Tancap, pembuatan budidaya rumput laut dan melaksanakan pembinaan masyarakat melalui komunikasi sosial ,kemudian kedepan akan dilaksanakan pembinaan masyarakat melalui sosialisi dan akan aktif memberikan penyuluhan serta memberikan pengetahuan untuk mengangkat taraf ekonomi keluarga dan mencapai segala aspek atau Klaster yang merupakan tujuan dari Kampung Bahari Nasional.

BACA JUGA  DBH Migas Anambas "Terjun Payung" 7,6 Milyar

Komandan Pangkalan Angkatan Laut di Tarempa, Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, S.E., M.Tr.Opsla, menyampaikan dalam sambutannya bahwa KBN merupakan TNI AL yang telah dicanangkan sebelumnya.

Danlanal Tarempa ketika menyampaikan kata sambutan dalam acara peresmian KBN di Desa Batu Belah

“Program Kampung Bahari Nusantara (KBN) ini merupakan program TNI Angkatan Laut yang telah dicanangkan satu tahun sebelumnya melalui tahap survey dan peninjauan oleh Tim Dinas Potensi Maritim TNI Angkatan Laut serta hasil koordinasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas sehingga diputuskan Desa Batu Belah sebagai Kampung Bahari Nusantara,” kata Danlanal Tarempa. Jum’at (15/10/2021).

Lebih lajut lagi, Danlanal Tarempa juga menyampaikan adanya berapa kalster pembinaan bagi masyarakat di Desa Batu Belah yang telah diresmikan sebagai KBN.

”Dalam kegiatan Karya Bakti TNI Angkatan Laut T.A. 2021 di Kampung Bahari Nusantara (KBN) ini memiliki lima klaster yang menjadi prioritas yakni Klaster Kesehatan, Klaster Ekonomi, Klaster Pariwisata, Klaster Pendidikan dan Klaster Pertahanan dimana kesemuanya tersebut dalam pelaksanaannya tetap berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah serta bersinergi dengan pihak terkait dan yang paling utama kesadaran warga dalam mendukung Program Karya Bakti TNI Angkatan Laut ini. Dalam kesempatan ini saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya program ini,” tambah Danlanal Tarempa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here