Coral Reef Garden berbentuk bunga teratai di perairan pantai pulau temawan yang diserahkan oleh Loka KKPN Pekanbaru melalui Wilker TWP kepada Bumdes Tujuh Kunci Desa Batu Belah

Editor : Slamet

BATU BELAH, AnambasPos.com – Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional (KKPN) Pekanbaru bersama Wilker Taman Wisata (TWP) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) telah melakukan serah terima program Coral Reef Garden kepada pengelola Pulau Temawan yakni BUMDES Tujuh Kunci yang disaksikan oleh Kepala Desa dan tokoh masyarakat Desa Batu Belah.

Kegiatan serah terima program CRG ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan sebelumnya. Kegiatan CRG ini dilaksanakan secara bersama-sama antara pengelola kawasan konservasi dalam hal ini Loka KKPN Pekanbaru melalui Wilker TWP Kepulauan Anambas dengan BUMDES Tujuh Kunci Desa Batu Belah dan dibantu oleh masyarakat setempat.

Komitmen BUMDES Desa Batu Belah setelah menerima program melalui Berita Acara Serah Terima Nomor : BA.614/ LKKPN/PL.450/X/2021 tanggal 14 Oktober 2021 akan mengelola dan memelihara program CRG ini kedepannya untuk dijadikan objek wisata penunjang di Pulau Temawan.

Selanjutnya Ipan S. Pratama selaku Ketua BUMDES Tujuh Kunci mengucapkan terima kasih kepada Loka KKPN Pekanbaru atas bantuan program CRG ini dan berharap setelah dilakukannya serah terima pihak Loka KKPN melalui Wiker TWP Kepulauan Anambas tetap memberikan pendampingan dalam hal memonitoring program CRG ini.

” Dengan ini kami dari BUMDES Tujuh Kunci mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya dan kami masih berharap agar pihak Loka KKPN terus memberikan pendoingan terhadap kami,” ucap Ipan.

Kepala Desa Batu Belah (tengah) bersama pengurus Bumdes Tujuh Kunci dan pihak Loka KKPN Pekanbar Wilker TWP Anambas saat foto bersama dalam rangakai acara serah terima Program CRG.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Batu Belah, Babandi juga menyampaikan terima kasih atas kepercayaan Loka KKPN Pekanbaru kepada Desa Batu Belah melalui BUMDES Tujuh Kunci dalam pengelolaan program CRG ini.

Babandi juga menyampaikan harapannya kepada BUMDES Tujuh Kunci untuk mengelola dan merawat program dan aset CRG ini untuk kemaslahatan dan peningkatan perekonomian masyarakat Desa Batu Belah dan masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas pada umumnya.

BACA JUGA  Heri Wardoyo, Caleg DPR RI, Hadiri Acara Resepsi Pernikahan Warga

Hal ini mengingat Desa Batu Belah dalam hal ini Pulau Temawan merupakan salah satu destinasi wisata perairan yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Kepala Desa Batu Belah juga menyampaikan harapan yang sama kepada Loka KKPN Pekanbaru agar tetap mendampingi BUMDES dalam mengelola dan memonitoring CRG kedepannya. Hal ini mengingat keterbatasan SDM yang dimiliki oleh Desa Batu Belah sendiri.

” Ini adalah sebuah penghargaan yang sangat besar, karena mendapatkan kepercaayaan dai Loka KKPN untuk merawat serta mengelola CRG sebagai sumber penghasilan bagi Bumdes Tujuh Kinci,” kata Babandi

Lebih dalam lagi, Kepala Loka KKPN Pekanbaru, Fajar Kurniawan, menaruh harapan besar terhadap keberhasilan dari program CRG di Desa Batu Belah. Program CRG ini merupakan program percontohan pemanfaatan ekosistem perairan di wilayah kawasan konservasi yang berbasis lingkungan dan pemberdayaan masyarakat. Sehingga keberhasilan program ini juga akan menaikkan pamor wisata yang ada di Desa Batu Belah khususnya di Pulau Temawan.

” Loka KKPN Pekanbaru melalui Wilker TWP Kepulauan Anambas siap mendampingi dan terbuka lebar untuk berdiskusi dalam hal pengelolaan dan monitoring CRG ini kedepannya,” ungkap Fajar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here