Detik-detik penyelamatan korban di perairan laut pulau tokong

Editor : Slamet

TAREMPA, AnambasPos.com – Tim SAR Gabungan yang terdiri dari Basarnas,  Polairud, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Anambas akhirnya pada hari ini, Selasa (21/09/2021) sekitar jam 10.00 WIB, berhasil menemukan Anak Buah Kapal (ABK) KM. Star 86 yang dilaporkan hilang pada Minggu (19/09/2021).

Sebelumnya, Tim SAR Gabungan mendapatkan laporan tetang hilangnya salah satu ABK KM Star 86 saat melakukan perjalanan pulang dari Kijang menuju Tarempa. Setelah mendapatkan laporan tersebut, Tim SAR Gabungan segera mengambil tindakan untuk menelusuri perairan dimana titik yang diduga korban menghilang.

Kapolres kepulauan Anambas AKBP Syafrudin Semidang Sakti, S.I.K melalui Kasat Polairud Polres Kepulauan Anambas Iptu Martias menjelaskan kronologis ditemukanya ABK. KM Star 86 dengan selamat.

Menurut Kasat Polairud, Tim Pencarian ketika itu menyisiri sekitar perairan Pulau Tokong Malang Biru, dengan jarak pandang menggunakan Teropong, kelihatan seperti ada orang yang sedang melambai-lambaikan tangan, akhirnya tim mengambil keputusan untuk bergerak cepat menuju lokasi tersebut.

Saat korban akan di evakuasi ke dalam Rig Basarnas

” Alhamdulillah, sekira pukul 10.00 Wib korban di temukan di atas bukit Tokong Malang Biru dengan kondisi selamat,” ungkap Martias.

Martias juga menceritakan aksi salah satu anggota Tim gabungan yang berenang dilaut Tokong dan melemparkan pelampung kepada korban yang berada di tebing pulau Tokong.

“Setelah menemukan korban, salah satu anggota tim berenang sambil melemparkan pelampung kepada korban dan menyuruh korban turun ke dinding tebing Tokong Malang Biru untuk terjun kelaut agar dapat di evakuasi ke dalam Rig Basarnas, korban pun menurut dan dapat diselamatkan dalam keadaan sehat,” terang Martias.

Pukul 10.20 Wib Tim SAR Gabungan menuju KM. Star 58 untuk menjemput abang korban yang ikut mencari korban, setibanya di KM. Star 58 abang korban histeris menangis senang karena adek kandung nya telah di temukan dengan kondisi selamat, abang korban berkali-kali mengucapkan terima kasih kepada tim Basarnas dan gabungan yang telah menemukan adiknya.

BACA JUGA  Forum Anak Desa Tarempa Barat Daya Dikukuhkan

Adapun korban yang diketahui berama Reki Hariadi, lahir di Dusun 23 Desember 1998
Jenis Kelamin Laki – laki, Alamat Jalan Teluk Denung Rt.001 / Rw..001 Desa Pesisir Timur Kecamatan Siantan ketika itu sempat terombang ambing di laut selama 2 malam hanya berbekal celana pendek hitam yang dipakai saat terjatuh.

“Korban sempat hanyut dan terombang-ambing selama dua malam hingga sampai ke titik koordinat Tokong Malang Biru,” tutup Martias.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here