Tim Satgas Covid-19 Jemaja ketika melalukan pemeriksaan persyaratan pelayaran kepada penumpang MV. VOC Batavia yang baru saja tiba di pelabuhan Letung. Sabtu 18/09/2021

JEMAJA, AnambasPos.com – Pulau Jemaja merupakan bagian dari Kabupaten kepulauan Anambas (KKA) yang terdiri dari tiga kecamatan yaitu, Kecamatan Jemaja, Kecamatan Jemaja Timur dan Kecamatan Jemaja Barat.

Diantar tiga Kecamatan tersebut terdapat dua kecamatan yang memiliki fasilitas akses moda transpotasi laut dan udara. Untuk Kecamatan Jemaja sendiri memiliki satu pelabuhan yang biasa disinggahi oleh kapal maupun feri untuk melakukan loading penumpang dari dan ke letung.

Sedangkan di wilayah Kecamatan Jemaja Timur terdapat sebuah Bandar Udara (Bandara) yang juga menjadi salah satu sentral moda transportasi udara andalan masyarakat Pulau Jemaja Khususnya, masyarakat  Kepulauan Anambas pada umumnya.

Dengan adanya fasilitas-fasilitas penunjang sebagai sarana umum yang dapat mempermudah masyarakat tempatan maupun pengunjung ketika akan berinfestasi atau sekedar berwisata ke Anambas, mengharuskan Tim Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19 Kecamatan Jemaja dan Jemaja Timur bekerja super extra untuk memantau dan memeriksa secara langsung kesehatan penumpang dan juga beberapa  syarat penyebrangan, baik itu yang baru datang disetiap kali adanya feri dan juga pesawat udara yang singgah di Pulau Jemaja.

Begitu yang disampaikan Abdulah Sani selaku ketua Satgas Covid-19 ketika dihubungi oleh AnambasPos.com melalui panggilan seluler probadinya. Sabtu, (18/09/2021).

terlihat Tim satgas yang sedang bersiap di pelabuhan letung. Minggu 19/09/2021

“untuk aktifitas di Pelabuhan Letung di wilayah kita, terdapat feri milik PT Rempang yang rutin bersandar dengan membawa penumpang dari dan ke Letung tujuan Tarempa dan Tanjung Pinang sebanyak empat kali sandar dalam sepekan dengan hari yang berbeda,” terang Sani.

Sani juga menyampaikan kegiatan Tim Satgas Covid-19 yang menjalani tugas tanpa megenal waktu, temasuk di hari minggu jika bertepatan dengan sandarnya Feri VOC. Batavia tujuan Tanjung Pinang.

“Hari Minggu juga kawan-kawan Satgas Covid-19 tetap menjalankan tugas, jika ada feri maupun kapal yang bersandarnya dengan membawa penumpang dari Tarempa dan letung menuju Tanjung Pinang. Prokes di pertketat, pemeriksaan persayaratan juga dilakukan, calon penumpang wajib menunjukan surat bukti telah di vaksin disetiap kali melakukan penyebrangan. itu semua demi menjaga keselamatan serta kesehatan masyarakat juga dalam upaya memperkuat benteng Jemaja dari serangan Covid-19,” kata Sani.

BACA JUGA  Wan Siswandi : Cakupan SPM Harus Lebih Luas dan Sistematis

Tim Satgas Covid-19 yang hadir di Pelabuhan Letung pada hari Minggu (19/09/2021), Perwakilan Camat Jemaja, BPBD, Anggota Posal Jemaja, Anggota Polsek Jemaja, Anggota Koramil 04/Letung, Satpol PP dan Damkar Jemaja, Dishub-LH Wilker Jemaja serta pihak Kesehatan.

Diketahui, bagi setiap calon penumpang dari Jemaja yang tidak bisa menunjukan surat tanda bukti telah melakukan vaksin, maka keberangkatan penumpang tersebut di tunda oleh Tim Satgas Covid-19 Kecamatan Jemaja.

Laporan dan Editor : Slamet.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here