Penuhi Standar Travel Corridor Arrangement (TCA), Batam dan Bintan Disetujui Pusat untuk Buka Kunjungan Wisman
Lagoi Bay, Kawasan Wisata Bintan

BINTAN, AnambasPos.com –  Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), telah menyepakati destinasi pariwisata  di Bali, Batam dan Bintan dibuka bagi wisatawan mancanegara (wisman) pada Oktober 2021 nanti.

“Kemenparekraf telah menargetkan Bali, Batam dan Bintan (3B) untuk persiapan wisatawan asing,” ungkap Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bintan, Wan Rudi Iskandar, Kamis (16/9/2021) sebagaimana dilansir dari Harian Kepri (HAKA) edisi 16 September 2021.

Untuk di Bintan, menurut Wan Rudi, Kawasan Wisata Lagoi sebagai lokasi kunjungan Wisman, khususnya Warga Negara Singapura. Hal ini, sesuai kesepakatan antara Indonesia dan negara tetangga tersebut.

Kawasan Lagoi ini, kata dia, telah memenuhi standar Travel Corridor Arrangement (TCA), mulai dari fasilitas destinasi maupun fasilitas prokes Covid-19 Internasional.

Rudi menerangkan, Kawasan Lagoi Bintan itu telah melalui beberapa kali uji coba dari sejumlah ahli. Saat ini tinggal menunggu SK serta juknis dari Pemerintah Pusat.

“Kalau dibuka, karyawan yang bekerja di kawasan itu hanya 50 persen. Begitupun juga wisatawan Singapura,” tutur Wan Rudi.

Ia menambahkan, wacana pembukaan travel bubble (perjalanan terbatas) Wisman Singapura ini, telah dipersiapkan sejak Juli 2021 silam.

Namun tiba-tiba terjadi lonjakan kasus Covid-19 varian Delta di Indonesia. Maka Pemerintah Pusat, menunda pintu masuk untuk Wisman Singapura yang akan berkunjung di Bintan, Batam dan Bali.

“Kondisi vaksinasi kita di Bintan sudah semakin membaik, dan kasus Covid-19 telah menurun 50 persen lebih saat ini. Sehingga Pemerintah Pusat sudah bisa membuka kembali wisata 3B,” jelasnya.

BACA JUGA  Sidang Tilang Di Karimun Dapat Bonus Tausyiah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here