Anambas, Berita   -

Wallah! Orang Vietnam Ramai-ramai di Letung, Ada Apa?

Dibaca: 7 x


 

Warga Vietnam memberikan bantuan kepada murid SD di Jemaja
Ziarah Makam Keluarga dan Berikan Bantuan ke Sekolah
LETUNG, ANAMBAS POS – Sejumlah warga kewargaan Negara Vietnam, Sabtu (25/03/2017)  kembali mengunjungi Letung Kecamatan Jemaja Kabupaten Kepulauan Anambas. Warga Vietnam itu melakukan ziarah ke makam para keluarga meraka yang berada di Pulau Kuku, Kecamatan Jemaja. Dulunya keluarga  meraka yang dimakamkan di Pulau Kuku tersebut adalah para pengusi Vietnam akibat berkecamuknya perang saudara di negara meraka sekitar tahun 1980-1979. (Perang Vietnam Utara dan Vietnam Selatan, Red).
“Ini  fenomena menarik setiap tahunnya di Letung. Orang Vietnam  selalu datang menziarahi makam kelurganya yang ada di  Pulau Kuku, Kecamatan Jemaja,” ungkap Isti Subandi, Lurah Letung kepada anambaspos.com.
Selain menziarahi makam keluarganaya, kata Isti Subandi, warga Vietnam itu juga mendatangi sekolah yang ada di Jemaja dan  memberikan bantuan kepada murid-murid. Aksi tersebut sebagai bentuk kepeduliannya terhadap anak-anak di daerah, dimana tempat para keluarga mereka dimakamkan tersebut.
“Orang Vietnam tersebut juga memberikan bantuan kepada anak murid sekolah  di Kelurahan Letung,” kata  Isti Subandi.
Lelaki yang kesehariannya disapa pak lur oleh warga Letung itupun menceritakan bahwa   warga Vietnam tersebut terlihat akrab dengan penduduk Jemaja. Hal itu katanya dikarenakan antara mereka dengan masyarakat Jemaja memiliki sejarah masa lalu yang sangat tidak bisa dilupakan. Mereka menyebut masyarakat Letung dan Anambas pada umummnya ramah dan baik.
“Bagi mereka masyarakat kita ini, ramah-ramah. Mereka merasa senang mengunjungi  Anambas dan berada di Anambas,” sebutnya.
Lurah Letung, Isti Subandi, S.Ag bersama warga Vietnam di Pulau Kuku, Jemaja
Masyarakat Letungpun, lanjut Pak Lurah ini, mersa terbantu. Bebagai barang jualan mereka laris dibeli oleh pengunjung Vietnam tersebut. Diapun menganjurkan kepda warganya untuk mempersiapkan berbagai pernak-pernik kerajianan tangan dan kuliner khas derah untuk disuguhkan ke warga Vietnam tersebut pada saat kunjungan warga Vietnam tersebut pada tahun yang akan dating.
“ Kita berharap, mereka terus mengunjungi  daerah kita ini. Kalau bisa lebih ramai lagi biar lebih meriah,” imbuhnya.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kepulauan Anambas, Ir. Iwan Kurniawan Roni terkait hal tersebut menyampaikan bahwa kunjungan warga Negara Vietnam yang berlangsung setiap tahunnya itu menjadi salah satu icon menarik bagi dunia kepariwisataan di Kepulauan Anambas. Untuk itu pihaknya akn meningkatkan pelayanan dan infrastruktur yang menduku
Warga Vietnam saat tiba di Jemaja. Warga setempa menyambut dengan antusias
ng guna pengembangan objek wisata itu.
“Salah satu ikon pariwisata Anambas yang akan ditingkatkan dan dikembangkan dengan baik ke depannya,” ujar Iwan. (Ril)
BACA JUGA  Fezer25 Harga Rp. 26 jutaan, Yamaha Luncurkan Motor Sport Baru


Terhubung dengan kami

     


pasang iklan banner