Laporan dan Editor : Asril Masbah

TAREMPA, AnambasPos.com  – Upaya yang terus dilakukan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kepulauan Anambas  untuk mewujudkan Kepulauan Anambas ‘Merdeka Sinyal’ semakin terasa dengan hadirnya Telkomsel di Wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas.

Usulan Pemda Kabupaten Kepulauan Anambas ke pihak Operator Telepon Seluler Telkom Sel sebelumnya agar dapat memperluas jangkauan infrastruktur digital di Wilayah Perbatasan NKRI, semakin mulai terasa. Capaian hasilnya terbilang sangat signifikan.

Saat ini, Telkomsel telah hadir memenuhi Sinyal 4G di Area Desa Ladan, Kecamatan Palmatak dengan akses internet cepat. Sebelumnya di area tersebut dirasakan kekurangan layanan, dikarenakan Sinyal 4G ketika itu, masih dilayani oleh Site Tower Telkomsel Desa Tebang.

Demikian keterangan yang disampaikan Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra kepada sejumlah media di Kepulauan Anambas.

Bahwa, Wan menyebutkan hadirnya Telkomsel di Kepulauan Anambas, memperluas dan meningkatkan layanannya dapat terwujud atas upaya yang dilakukan oleh Pemda Kepulauan Anambas secara maksimal.

“Alhamdulilah Telkomsel saat ini telah menambah pembangunan Tower BTS pada dua lokasi, yaitu di Desa Ladan yang sekarang on air sejak tanggal 6 Agustus 2021. Sekarang sedang tahap perapian dan tengah dioptimalkan perangkatnya. Ini bersempena dengan bulan Kemerdekaan RI ke – 76,” kata Wan, sebagaimana rilis yang dikirimkan Diskomoinfotik Kepulauan Anambas, Jumat (07/08/2021).

Kedua, disampaikan Wan bahwa, pihak Telkomsel juga  membangun Tower BTS di Desa Teluk Sunting yang sekarang on progress. Target lebih kurang 1 bulan lagi akan on air dan Sinyal 4G-nya akan meng-cover Desa Teluk Sunting, Desa Teluk Siantan, Desa Langir,  Dusun Muntai dan sebagian Wilayah Dusun Teluk Bayar.

“Kami Pemda Kepulauan Anambas dan Masyarakat Perbatasan ini, sangat bersyukur atas perluasan dan peningkatan layanan Sinyal 4G Telkomsel. Kami berharap Telkomsel terus menambah dan memperluas jangkauan layanan Sinyal 4G nya dengan akses internet cepat lebih maksimal. Seingga masyarakat pesisir dengan kondisi daerah yang terpisah – pisah antar pulau ini, dapat menikmati layanan internet secara merata,” ucap Wan.

BACA JUGA  DIBALIK FISIK YANG JADUL, TERSEMBUNYI HARGA FANTASTIS!

Kepala Dinas Kominfotik Kabupaten Kepulauan Anambas, Japrizal, S. Kom, MA, menambahkan bahwa,  saat ini Telkomsel terrus bergerak maju untuk Anambas dan terus meningkatkan dan memperluas layanannya. Sebelumnya, Telkomsel di tahun yang sama  telah membangun penambahan layanan Sinyal 4G – nya yaitu di Desa Pian Pasir dengan  cover area- nya mencakup Desa Piasan, Desa Pian Pasir, Desa Matak, Dusun Teluk Durian, Dusun Butun.

Pada Desember 2020 terang Japrizal, untuk Wilayah Kecamatan Siantan Utara tepatnya di Desa Batu Belah,  Kecamatan Siantan Timur pada Maret 2021 dengan cover area-nya mencakup Desa Batu Belah, Desa Air Putih, Desa Temburun dan Kawasan Wisata Air Terjun. Sebagian Dusun Desa Pesisir Timur dan bahkan sinyalnya menjangkau hingga ke sebagian Desa Liuk.

“Kami berharap peningkatan ini terus dilakukan dan upaya terus diperjuangkan, agar kesenjangan dan pemerataan akses telekomunikasi di Wilayah Kepulauan Anambas dapat teratasi dan Kabupaten Kepulauan Anambas dapat mewujudkan Merdeaka Sinyal,” ujar Japrizal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here