Ketua KPU Jadi Pembina Upacara di SMK 3 Anambas

Dibaca: 67 x


Pelajar SMK Negeri 3 Anambas saat upacara sekaligus mendengar arahan langsung dari Ketua KPU Anambas. (Foto: Faisal)
Pelajar SMK Negeri 3 Anambas saat upacara sekaligus mendengar arahan langsung dari Ketua KPU Anambas. (Foto: Faisal)

Berikan Penyuluhan Tentang Penyelenggara dan Tahap Penyelenggaraan Kepada Pemilih Pemula

ANAMBASPOS.COM, JEMAJA TIMUR – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Anambas, Syukrillah langsung jadi pembina upacara di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Anambas, Kecamatan Jemaja Timur, Senin (28/11/2016).

Kedatangan Ketua KPU Anambas tersebut untuk memberikan penyuluhan pemahaman tentang cara penyelenggara dan tahap penyelenggaraan pemilu tahun 2018 mendatang kepada pelajar.Dan kegiatan ini pun serentak dijalankan di sekolah-sekolah yang ada di tujuh Kecamatan se Anambas.

Dalam arahan saat jadi Pembina upacara, Syukrillah mengatakan, pihak kita selaku KPU Anambas ingin memberikan pelajaran kepada siswa/siswi tentang bagaimanacara kita berdemokrasi.

“Kita mengingat, tidak lama lagi rakyat akan berpesta demokrasi di Indonesia. Dan kedatangan saya ini untuk memberikan pemahaman dasar apa itu pemilih pemula, dan apa itu KPU, Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan (DKPP),” kata Syukrillah.

Dirinya menjelaskan, untuk pelajar yang sudah berumur 15 tahun sudah mempunyai hak untuk memilih dalam pemilu mendatang.

Ketua KPU Anambas, Syukrillah jadi Pembina upacara di SMK Negeri 3 Anambas.
Ketua KPU Anambas, Syukrillah jadi Pembina upacara di SMK Negeri 3 Anambas. (Foto: Faisal)

“Adik-adik yang sudah berumur 15 tahun sebagai pemilih pemula sudah bisa memilih. Karena pemilihan berlangsung pada tahun 2018 mendatang, usianya pun sudah 18 tahun. Dan sudah mempunyai hak untuk memilih,” jelasnya.

Lanjut Syukrillah menjelaskan, pemilih pemula harus cerdas berdemokrasi, untuk meningkatkan kualitas pemilu dan demokrasi. Pemilih pemula, merupakan segmen yang strategis karena memiliki potensi yang sangat besar.

“Pemilih cerdas berdemokrasi ialah ketika pemilih memahami demokrasi, kritis terhadap praktek demokrasi dan terampil dalam memperjuangkan kepentingan politik publik,” tuturnya.

BACA JUGA  Syamsir, S. AP : Jangan Buang Sampah Sembarangan, Mulailah dari Sekarang dan dari Diri Sendiri

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Anambas, Kecamatan Jemaja Timur, Erni Subhiyanti saat dimintai tanggapan dengan datangnya KPU Anambas memberikan penyuluhan kepada pemilih pemula yang dialamatkan kepada pelajar tersebut sangat mengapresiasi sekali.

“Saya sangat mengapresiasi sekali dengan kedatangan pihak KPU Anambas untuk memberikan penyuluhan kepada pemilih pemula. karena pengetahuan yang diberikan kepada pelajar tentang pemilihan tersebut sangat bermanfaat. Belum tentu juga pelajar tersebut tahu kalau tidak diberikan penyuluhan seperti. Dan dengan adanya kegiatan ini bisa berpengaruh saat pemilu nantinya,” tukasnya. (Sal)



Terhubung dengan kami

     


pasang iklan banner