Saat berlangsungnya Coffee Morning antara Kacabjari Natuna di Tarempa, Roy Huffington Harahap, SH dengan sejumlah Wartawan di Anambas

TAREMPA, AnambasPos.com – Cuaca terlihat begitu cerah. Musim Timur yang hampir tiba walaupun agak sedikit terasa kering, namun belum membawa hawa panas, karena memang ketika itu, hari masih pagi. Jarum jam pun baru mendekati pukul 08.00 WIB.

Sedari tadi, sejumlah orang tampak mulai berdatangan satu persatu di Kedai Kopi yang terletak di Kawasan Loka, Jl. Hang Tuah, Tarempa. Mereka diketahui adalah para Pewarta yang bekerja di Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA). Pagi itu, Sabtu (20/03/2021) rupanya ada agenda Coffe Morning yang akan diadakan oleh Cabang Kejaksaan Negeri (Cabjari) Natuna di Tarempa dengan sejumlah Wartawan di Anambas.

Roy Huffington Harahap, SH

Tidak lama berselang, terlihat seorang lelaki dengan tubuh tinggi, ramping dengan menggunakan kaos berkerah berwarna hitam tiba di area parkir di Depan Loka, tempat dimana para Wartawan yang sudah beberapa menit sebelumnya berada di situ.

Lelaki itu didampingi oleh beberapa orang stafnya. Lelaki itu adalah Roy Huffington Harahap, SH, Kepala Cabang Kejaksaan Negeri (Kacabjari) Natuna di Tarempa, yang baru saja beberapa minggu bertugas di  Anambas.

“Selamat pagi teman-teman, apa kabar semuanya,” ucap Roy menyapa para Pekerja Pers di Anambas yang telah dahulu berada di tempat itu, menunggu kedatangannya sembari menyilangkan salam ala Covid – 19 ke setiap Wartawan yang hadir.

Kemudian, dia mengambil posisi duduk di tengah para awak media di Anambas yang memperhatikan gerak-geriknya sejak awal memasuki area itu. “Ayolah pesan kopi dan menu sarapannya,” ajaknya dengan tatapan penuh persahabatan.

Suasana diskusi ‘Coffee Morning’ terlihat mengalir dan mencair

Piawai. Sepertinya dia menguasai ilmu komunikasi publik yang tinggi. Usia muda tidak serta merta kaku dalam begaul dan memimpin. Meskipun usianya baru saja menginjak 35 tahun. Namun cara berpikir dan bertindaknya cukup matang. Begitu masuk di Anambas, dia terlebih dahulu mencari tau tentang kondisi lapangan dan menemui sejumlah tokoh di Anambas untuk menerima masukan dan saran.

BACA JUGA  Pemdes Air Biru Salurkan BLT DD Kepada 63 KPM

Saat Coffee Morning digelar saat itu, bagaikan tidak berjarak, antara dia dengan para Pekerja Warta yang hadir. Padahal, dia bukan orang sembarangan di Cabjari Natuna di Tarempa. Dialah orang nomor satu di Lembaga Penegak hukum itu, yang dapat meringankan atau memberatkan tuntutan hukuman sesuai dengan pelanggaran hukum yang dilakukan, bagi siapa saja yang terjerat kasus pidana di Anambas.

Dia sangat paham bagaimana memperlakukan Wartawan dengan posisinya sebagai aparat penegak hukum. Dialah satu-satunya Pejabat penegak Hukum yang menempatkan Wartawan di Anambas pada tempat yang sesungguhnya. Menjadikan Wartawan ada dalam kaitan kerjanya sebagai kemitraan yang baik.

“Saya perlu kritik, saran dan masukan dari teman-teman dan abang-abang Wartawan di Anambas semuanya dalam menjalankan tugas saya. Saya tidak anti kritik,” sebutnya di hadapan sejumlah Pemburu Warta di Anambas pada saat itu.

Dia kemudian membuka ruang kepada seluruh Wartawan di Anambas yang ingin bersilaturrahmi dengannya. Kapan saja dan di mana saja. “Kapan dan di mana saja, saya di-telepone, selalu siap. Kita ngopi atau boleh juga sambil bermain domino,” celetuknya.

Agak berbeda dengan beberapa kali Coffe Morning yang sebelumnya. Pada Coffe Morning yang berlangsung kali ini, sejumlah Wartawan Senior di Anambas terpantau ikut menghadirinya. Bung Muh. Nasrul Arsyad, SE, M. Si, misalnya. Pendiri Media gurindam.id ini hadir ketika itu. Ada pula Bung Fitra Hadi, Pemimpin Redaksi MetroSidik.co.id, Wartawan yang lebih dikenal tajam melakukan ulasan-ulasan berita investigasi di Anambas itu, juga hadir.

“Kita menyambut baik kehadiran Pak Kacabjari di Anambas. Pola komunikasi yang baik seperti ini, sangat perlu kita bangun secara terus menerus antara pihak kejaksaan dengan Wartawan dalam menjalankan tugas kontrol dan penegakkan hukum di Anambas,” sambut Wartawan Senior, Muh. Nasrul.

BACA JUGA  Babinsa Siap Hadir di Tengah Masyarakat

Ideal-nya seorang pejabat negara, apatah lagi pejabat penegak hukum, selayaknya mampu menghargai dan menjadikan Wartawan sebagai profesi yang tidak dianggap remeh temeh dan dipandang ‘sebelah mata’. “Langkah dia (Roy, Red) sudah tepat. Tidak memandang sebelah mata profesi Wartawan. Insya-Allah karirnya cemerlang,” imbuh Pemimpin Redaksi MetroSidik, Fitra Hadi.

Diskusi ringan dalam acara coffe morning yang digelar pagi itu, sangat mengalir dan mencair. Tidak terasa waktu berlalu sudah hampir 4 jam. “Terimakasih atas kehadiran teman-teman semuanya. Kapan-kapan lagi kita ngopi lagi,” ucap Roy mengakhiri silaturrahmi saat itu dengan senyum khasnya. Kemudian mohon pamit meninggalkan area itu.

Laporan dan Editor : Asril Masbah

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here