Koramil 02 / Tarempa Ikut Lakukan Pengamanan Unjuk Rasa Nelayan Anambas

Dibaca: 130 x

Anggota Koramil 02 / Tarempa saat ikut melakukan pengamanan unjuk rasa Nelayan Anambas di Depan Gedung DPRD Anambas

TAREMPA, AnambasPos.com – Komando Rayon Militer (Koramil) 02 / Tarempa Kodim 0318 / Natuna ikut melakukan pengamanan terhadap unjuk rasa yang digelar oleh    ratusan nelayan Anambas yang tergabung dalam Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) serta masyarakat umum di depan Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) KKA, Kamis (03/09/2020).

Saat berlangsungnya aksi unjuk rasa nelayan Anambas di Depan Gedung DPRD Anambas

Ratusan unjuk rasa yang mulai bergerak dari Pelabuhan Tarempa, berjalan kaki menuju ke Kantor DPRD KKA. Para nelayan tersebut membawa berapa sepanduk dan poster  yang bertuliskan beberapa tuntutan mereka terkait penolakan terhadap kapal cantrang dari luar Anambas. Diantara sepanduk tersebut bertuliskan ‘nelayan tolak keras kapal asing,  centrang dan pukat mayang’.

Sesampai di Kantor DPRD KKA, massa yang berunjuk rasa disambut oleh Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, SH, Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra, Sekretaris Daerah (Sekda) Kepulauan Anambas, Sahtiar, SH, MM, Pimpinan DPRD  beserta Anggota, Dinas terkait dengan dikawal oleh pihak keamanan TNI, Polri dan Satpol PP.

Terkait pengamanan itu, Plh. Danramil 02 / Tarempa, Kodim 0318 / Natuna, Pelda Wamada Simare-Mare menyampaikan bahwa, yang melaksanaksan aksi demo tersebut adalah masyarakat yang merupakan sesama anak bangsa juga. Untuk itu harus disapa mereka sebagaimana tamu.

“Kita sambut dan kawal dengan baik dengana baik. Dalam pengamanan aksi unjuk rasa ini tidak menggunakan senjata atau sangkur. Kita hanya bersikap sabar dan ikhlas, apapun yang dilontarkan, kita hindari gesekan,” ungkap Wamada.

Dihubungi terpisah, Dandim 0318 / Natuna Letkol ARM. Asep Ridwan SH, M.HAN mengatakan bahwa TNI siap membantu Polri dalam pengamanan unjuk rasa demi menjaga ketertiban dan kedamaian. “Dalam pengamanan kami menurunkan para Babinsa dari Koramil 02 / Tarempa untuk membantu Polri agar aksi demo tetap dalam suasana kondusip dan terkendali,” sebut Ridwan

BACA JUGA  Kapal Feri yang Sandar di Pelabuhan Letung Menjadi Sumber Penghasilan UKM Jemaja

Pengamanan aksi unjuk rasa ini kata Ridwan, merupakan kebijakan dari Pangdam I / BB Mayjend TNI Irwansyah Ma,M.Sc yang disampaikan kepada Danrem 033 / WP Brigjen TNI Harnoto S.Sos, bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari tugas utama TNI untuk membantu Polri dalam meneggakan keamanan dan ketertiban,” tegas Ridwan.

Dalam Aksi itu, Sekretaris HNSI KKA Dedy Syahputra S.IP yang juga selaku Korlap Aksi  mendesak Pemda KKA agar segera menuntaskan dan merealisasikan hasil rekomendasi oleh Panitia Khusus (Pansus ) DPRD KKA tentang persoalan nelayan Anambas, menolak rencana pemerintah melegalkan alat penangkapan ikan cantrang atau trawl.

“Pemda Anambas harus segera menuntaskan Rekomendasi Pansus DPRD KKA tentang persoalan nelayan Anambas, menolak pemerintah melegalkan kapal cantrang atau trawl di perairan Anambas,” desak Dedi dalam orasinya.

Laporan: Slamet

Editor : Asril Masbah



Terhubung dengan kami

     


Pasang Iklan Banner klik DISINI